UPAYA ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA AL-QURAN ANAK DALAM KELUARGA (Studi di Masjid Umair bin Abi Waqosh Kampung Batu Gede RT 004 RW 007 Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor)

Akhmad Djul Fadli, Rahendra Maya, Sarifudin Sarifudin

Abstract


Orangtua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak, yaitu dalam lingkungan keluarga yang dikategorikan sebagai institusi pendidikan informal. Sehingga orangtua memiliki kewajiban dan peran mulia dalam meningkatkan minat belajar anak, termasuk minat baca Al-Quran dalam keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Quran anak, upaya orangtua dalam meningkatkan minat baca Al-Quran anak, dan faktor-faktor yang menjadi kendala orangtua dalam meningkatkan minat baca Al-Quran anak dalam keluarga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data untuk kemudian dicarikan solusinya menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam kepada Ttujuh informan. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan membaca Al-Quran kepada anak sudah baik, kecuali usia anak di bawah umur yang masih dalam tahap belajar. Upaya orangtua dalam meningkatkan minat baca Al-Quran anak yaitu (a) Membaca Al-Quran bersama anak; (b) Orangtua memberikan contoh; (c) Memberikan pendidikan Al-Quran anak sejak dini; (d) Pembelajaran yang inovatif; (e) Pemberian motivasi dan nasehat; dan (f) Mengingatkan anak untuk membaca Al-Quran. Adapun faktor yang menjadi kendala orangtua dalam meningkatkan minat baca Al-Quran anak adalah (a) Kendala internal bersumber dari dalam diri pribadi anak; (b) Faktor elektronik dan media sosial; dan (c) Faktor orangtua itu sendiri baik dalam kesibukan maupun kelalaian.

 

Keyword: upaya, orangtua, minat baca.

Full Text:

PDF

References


Adriesta, Winda Rizka. (2016). Peran Orangtua dalam Membina Pengajian Al-Qur’an dalam Rumah Tangga untuk Anak Usia Dini di Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi. Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Kresdiana, Henti. Bagaimana Membuat Anak Senang Membaca AL-Quran?, dalam https://id.theasianparent.com/cara-agar-anak-belajar-membaca-al-quran/. diakses pada Senin tanggal 23 April 2018 pukul 22:51 WIB.

Maya, A. A. R. (2017). PERSPEKTIF AL-QUR ‘AN TENTANG KONSEP AL-TADABBUR. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1 (01).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Mushaf Al-Kamil. (2013). Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: CV Darus Sunnah.

Musthafa, Fuhaim. (2010). Kurikulum Pendidikan Anak Muslim. Surabaya: Pustaka eLBA.

Maulana, Muhammad Rifqi. (2016). engaruh Bimbingan Belajar Orangtua Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran Santri di TPQ Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara. Skripsi. Jurusan Tarbiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Sarbini, M. (2017). PENDIDIKAN KELUARGA MUSLIM DALAM PERSPEKTIF FIQIH AL-QURAN. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08), 22.

Sarifudin, S., & Halimah, H. (2018). MANAJEMEN FACEBOOK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01).

Sutarman, Haman dan Asih. (2016). Manajemen Pendidikan Usia Dini: Filosofi, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Suwaid, Muhammad Nur Abdul Hafidz. (2009). Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.

Syah, Hidayat. (2010). Pengantar Umum Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Verifikatif. Pekanbaru: Suska Pres.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats