STRATEGI MUDIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI (STUDI DI PONDOK PESANTREN AN-NUR DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR)

Reza Purnama, Rahendra Maya, Sarifudin Sarifudin

Abstract


Keberhasilan dari hafalan Al-Qur’an salah satunya ditentukan oleh strategi mudir yang disusun secara khusus dalam meningkatan hafalan Al-Qur’an tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi mudir dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif interpretatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan tempat penelitiannya adalah di Pondok Pesantren An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, strategi mudir dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an santri yaitu dengan tahsin, tasmi’, sabiq, muroja’ah, dan imtihan. Kedua, faktor pendukungnya adalah (a) Akhlak santri yang baik, (b) Lingkungan yang asri, (c) Bersungguh-sungguh, (d) Punya harapan yang tinggi, (e) Kekhusyuan dalam menghafal; dan (f) Sudah bisa membaca Al-Qur’an. ketiga, adapun faktor-faktor penghambatnya adalah (a) Niat yang belum ikhlas; (b) Pikiran yang sibuk dengan kegiatan lain; (c) Belum bisa menikmati bacaan Al-Qur’an, (d) Banyak bermaksiat; (e) Kurangnya kesabaran; (f) Manajemen waktu yang kurang baik; dan (g) Kurangnya muroja’ah.

 

Kata kunci: strategi, mudir, hafalan Al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Maya, A. A. R. (2017). PERSPEKTIF AL-QUR ‘AN TENTANG KONSEP AL-TADABBUR. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Ahmadi, Abu dan Prasetya, Joko Tri. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arief Furchan. (2004). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Arifin. (2009). Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Indisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama. (2011). Al-Qur’an dan terjemahnya. Bekasi: Jakarta.

Ginanjar, M. H. (2017). AKTIVITAS MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PROGRAM BEASISWA DI MA’HAD HUDA ISLAMI, TAMANSARI BOGOR). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 20.

Gunawan Imam. (2013). Metode Penelitian Kualiatif Teori dan Prakik. Jakarta: Bumi aksara.

Mawardi. (2013). Pengantar Ulumul Qur’an. Banda Aceh: Pena.

Munawwir, Ahmad Warson (1997). Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Tambunan, Toman Sony. (2015). Pemimpin dan Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wena, Made. (2013). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats