IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DALAM PEMBERANTASAN BUTA HURUF ALQURAN DI MAJELIS TAKLIM NURUL HIKMAH KAMPUNG SITU UNCAL DESA PURWASARI KECAMATAN DRAMAGA KABUPATEN BOGOR

Sadiah Sadiah, Rahendra Maya, Unang Wahidin

Abstract


Kemampuan baca Alquran umat Islam pada saat ini masih rendah dan lemah. Hal ini  tentu saja berimplikasi terhadap berkurangnya intensitas untuk selalu berinteraksi dengan Alquran yang pada gilirannya akan menyebabkan jauhnya umat ini terhadap pengamalan Alquran itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran dalam pemberantasan buta huruf Alquran di Majelis Taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Metode pembahasan yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif-interpretatif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran dalam pemberantasan buta huruf Alquran bagi ibu-ibu rumah tangga di Majelis Taklim Nurul Hikmah meliputi a) Pendekatan yang diterapkan melalui pendekatan klasikal dan pendekatan individual; b) Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode Iqra’ dengan sumber pembelajaran buku Iqra’, juz’amma. dan mushaf Alquran; c) Media yang digunakan dalam pembelajaran Alquran menggunakan papan tulis; d) Proses kegiatan pembelajaran baca Alquran di Majelis Taklim Nurul Hikmah meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir; dan e) Evaluasi dilakukan dengan cara guru atau tutor meminta peserta didik untuk menjelaskan hukum tajwid yang terdapat dalam ayat yang sedang dibaca.

 

Keyword: model pembelajaran, majelis taklim, Alquran.

Full Text:

PDF

References


Abdul Wahab, Solihin. (2008). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Al-Qaththan, Manna’. (2011). Pengantar Studi Ilmu Alquran. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Arifin, Muhammad. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Dakir. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Daradjat, Zakiyah. (2011). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Departemen Pendididkan Nasional .(2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

http://el-kawaqi.blogspot.com/2012/12/pengertian-implementasi-menurut-para.html., di akses pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 Pukul 21:12 WIB.

https://qiraati.wordpress.com/2018/04/21/memahami-qiraati/,diakses pada tanggal 30 Juni 2018 Pukul 21.10 WIB.

K, Roestiyah N. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Mafaza, Nazid. (2008). Model Pembelajaran Membaca Alquran Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Studi Kasus di SD Muhammadiyah Aspen Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Maya, A. A. R. (2017). PERSPEKTIF AL-QUR ‘AN TENTANG KONSEP AL-TADABBUR. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Priansa, Donni Juni. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Romadhon, Ahmad. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Tahsin Alquran dengan Menggunakan Metode Talaqqi dalam Upaya Meningkatkan Kefasihan Membaca Alquran. Skripsi. Program Studi Agama Islam. Jurusan Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surasman, Otong. (2016). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Alquran (Bercermin Pada Nabi Ibrahim A.S). Edukasi Islami, 05 (10), 1337-1369. Bogor: STAI Al Hidayah.

Tim Penyusun Buku Pengantar Studi Islam. (2010). Pengantar Studi Islam. Surabaya: Sunan Ampel Press.

UU No. 2 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20. Bandung: Citra Umbara.

Wahidin, U. (2017). INTERAKSI KOMUNIKASI BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(07), 197.

Yamin, Martinis. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats