IMPLEMENTASI KEGIATAN BIMBINGAN SALAT BERJAMAAH PADA SISWA SMPIT UMMUL QURO PARAKAN JAYA KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Nana Haryanti Nur, Rahendra Maya, Agus Sarifudin

Abstract


Banyaknya sekolah Islam Terpadu yang menawarkan berbagai keunggulan program keagamaannya namun kenyataannya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Di sini SMPIT Ummul Quro kabupaten Bogor sangat peduli dan tetap eksis dalam memperhatikan akhlak atau adab kesehariannya siswa melalui bimbingan salat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan bimbingan salat berjamaah pada siswa SMPIT Ummul Quro, mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambatnya, serta solusi terhadap hambatannya. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Implementasi kegiatan bimbingan salat berjamaah pada siswa SMPIT Ummul Quro dilakukan melalui pembelajaran PAI,  penguatan-penguatan terkait adab keseharian, baik ketika salat maupun adab ketika di dalam masjid atau mushalla serta pengingatan tentang manfaat atau keuntungan melaksanakan salat berjamaah agar dapat memotivasi siswa untuk terbiasa dan tanpa disuruh siswa tetap melaksanakan salat dengan tertib, rapi dan khusyuk sampai siswa mempunyai kompetensi tersebut, sehingga dengan demikian tujuan sekolah tercapai. (2) Faktor pendukungnya yaitu: wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yang kooperatif, penanggung jawab bimbingan salat hadir ke mushalla lebih awal, dan lingkungan atau warga sekolah yang mendukung. (3) Faktor penghambatnya yaitu: kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya salat awal waktu dan salat berjamaah, masih ada guru yang lupa atau tidak sadar dengan jadwal yang sudah ditentukan untuk membimbing salat pada hari itu, dan siswa terlambat datang ke masjid atau ke mushalla dengan alasan-alasan tertentu. (4) Solusinya perlu ditingkatkan penguatan-penguatan terkait motivasi siswa untuk melaksanakan salat berjamaah dengan kesadaran sendiri dan harus ada bimbingan serta pengingatan salat yang berkala, pemimpin sekolah harus bertindak tegas terhadap guru yang tidak melaksanakan atau lupa dengan tugasnya, dan perlu kerja sama antar guru

Full Text:

PDF

References


Dalam Perspektif Dosen Pegawai STAIN. Esoterik: Jurnal Akhlak dan Tasawuf, 02(01).

Abdul Hadi. (2017). Nilai Edukatif dalam Pelaksanaan Shalat Berjamaah. Jurnal : Mimbar Akademika.02(01).

Rahendra Maya. (2018). Perspektif Al-Qur’an Tentang pembahasan Sosial: Analisis Penafsiran Term Al-Taghyir, Al-Ibtila’, Al Tamhish, dan Al Tamkin. Al- Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 03(01).

Buku

Musthafa Abul Muathi. (2011). Ingin Anak Anda Rajin Shalat?. Solo: Aqwam.

Said bin Ali bin Wahf al-Qahthani. (2013) Khusyuk dalam Shalat menurut Al Qur’an dan As- Sunnah. Yogyakarta: Darul Uswah.

Muhibbuthabary (2012). Fiqh Amal Islami. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Rochiati Wiratmadja. (2014). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumadi S. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hamid Ahmad. At-Thahir. (2011). Buku Pintar Shalat. Solo: Aqwam.

Akhmad Muhaimin A. (2011). Pedoman Praktis Salat Wajib dan Sunnah, Yogyakarta: Javaliter.

Samsul Munir Amin. (2010). Bimbingan dan Konseling Islami. Jakarta: AMZAH.

Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1611 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nana Haryanti Nur, Rahendra Maya, Agus Sarifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats