PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAMI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DIKELUARGA KARYAWAN YAYASAN ISLAM AL HUDA BOGOR TAHUN 2020

Abdul Rosid, Wartono Wartono, Muhamad Priyatna

Abstract


Nilai-nilai Islami hendaknya ada pada setiap diri seorang muslim. Ia harus ditanamkan sejak kecil. Berdasarkan hal ini, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana cara menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak khususnya anak usia sekolah dasar pada karyawan Yayasan Islam Al Huda Bogor Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membahas peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data menggunakan metode deskriptif interpretatif. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak: sebagai pendidik, sebagai sahabat, sebagai mediator, sebagai motivator, sebagai moderator, sebagai pemimpin, sebagai narasumber, sebagai fasilitator, dan sebagai pelindung. Kedua, faktor pendukung dalam menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak antara lain: fasilitas, tingkat ekonomi, tingkat pendidikan, lingkungan, sekolah, pasangan hidup, keistiqomahan, dan kedekatan orang tua. Ketiga, faktor penghambat dalam menanamkan nilai-nilai Islami kepada anak antara lain: perbedaan pendapat, tingkat ekonomi keluarga, tingkat pendidikan orang tua, berbenturan dengan karakter anak, lingkungan, pasangan hidup, berat untuk konsisten, sekolah, dan fasilitas yang kurang memadai. Keempat, solusi untuk mengatasi faktor penghambat antara lain: musyawarah suami istri, berusaha mencari nafkah yang halal, terus belajar dengan cara apapun, anak tetap diawasi, memilih lingkungan tempat tinggal yang baik

Full Text:

PDF

References


Wartono. (2013). “Membentuk Lingkungan Pendidikan yang Islami”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. STAI Al Hidayah, Vol 02, 399.

Priyatna, M. (2016). “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. STAI Al Hidayah, Vol 05, 1312.

Bafadhol, I. (2017). “Lembaga Pendidikan Islam di Indoneisa”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. STAI Al Hidayah, Vol 06(11), 59.

Ikhwan, A. (2014). “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran”. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. STAI Muhammadiyah Tulungagung, Vol 2. 181.

Indra Kurniawan, M. (2015). “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar”. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Vol 4. 47

Uce, Loeziana. (2017). “The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak”. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak. UIN Ar-Raniry. 59.

Buku

Sugono, D dkk. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Tim Ahli Tafsir. (2018). Shahih Tafsir Ibnu Katsir. ed. Syafiyyurahman Al-Mubarakfuri. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.

H. Syukran Nafis, Ahmadi. (2010). Pendidikan Madrasah: Dimensi Profesional dan Kekinian. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

M. Bashori Muchsin, Moh. Sulton, dan Abdul Wahid. (2010). Pendidikan Islam Humanistik (Alternatif Pendidikan Pembebasan Anak). Bandung: Refika Aditama.

Gordon, T. (2020). Menjadi Orang tua Efektif: Cara Pintar Mendidik Anak Agar Bertanggung Jawab. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ibrahim al-Hamd, M. (2000). Kesalahan Mendidik Anak: Bagaimana Terapinya. Jakarta: Gema Insani Press.

Roslan Hidayat, Dian dkk. (2018). Getar Hati: Kumpulan Materi Online Pekanan. Sukabumi: CV Jejak.

Siti Candra Sari, Utin dan Abrori. (2020). Body Image. Jakarta: PT Sahabat Alter Indonesia.

Syafril dan Zelhendri Zen. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana

Rianti Lubis, E. (2018). Pesan Dari Nabi Tentang Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Kurnia, Novi dkk. (2017). Literasi Digital Keluarga: Teori dan Praktik Pendampingan Orang tua terhadap Anak dalam Berinternet. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kristo M, T. (2010). Andalah Para Orang tua Motivator Terbaik bagi Remaja. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jatmiko, B. (2018). Mortido: Ketakutan, Keserakahan, dan Keawasan Sebuah Evolusi Peradaban. Sleman: Penerbit Deeppublish

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1610 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Rosid, Wartono Wartono, Muhamad Priyatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats