IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS INFORMATION, COMMUNICATION, AND TECHNOLOGY (ICT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 BOGOR TAHUN AJARAN 2020/2021

Salma Raaniyah, Unang Wahidin, Muhamad Priyatna

Abstract


Implementasi pembelajaran berbasis ICT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaannya, namun dalam implementasinya seringkali mendapatkan kendala sehingga pembelajaran menjadi kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis ICT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Bogor, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat, serta solusi yang harus dilakukan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dan diakhiri dengan memberikan kesimpulan terhadap masalah-masalah yang terjadi. Hasil penelitian di SMP Negeri 5 Bogor di antaranya: (a) Guru PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 5 Bogor sudah melaksanakan pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan media laptop, HP android, internet, LCD proyektor, powerpoint. (b) Faktor pendukung implementasi pembelajaran berbasis ICT dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 5 Bogor yaitu: guru PAI dan Budi Pekerti yang berkompeten dan profesional, kemampuan guru dalam penggunaan media ICT, tersedianya perangkat pembelajaran, fasilitas sekolah yang sudah terpenuhi dalam pembelajaran berbasis ICT, kemampuan siswa dalam mengoperasikan aplikasi berbasis ICT. (c) Faktor penghambat diantaranya: masalah ekonomi siswa dan koneksi internet yang kurang stabil. (d) Solusi terhadap masalah ekonomi siswa yaitu dengan memberikan keringanan tugas kepada siswa yang tidak memiliki HP, guru PAI dan Budi Pekerti menyiapkan lembar kerja peserta didik dan solusi terhadap koneksi internet yang kurang stabil yaitu sekolah membuat jadwal pemakaian WiFi agar internet tetap stabil.

Full Text:

PDF

References


Sumber dari Jurnal/Penelitian

Pandi, A. (2016). Implementasi Pembelajaran Berbasis ICT (Information, Communication And Tecnology) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Skripsi: Tarbiyah dan Keguruan. IAN Raden Intan Lampung.

Muhtadi, A. (2010). Strategi untuk mengimplementasikan Pendidikan Budi Pekerti secara efektif di sekolah. Jurnal Dinamika pendidikan. 17(01).

Yusuf, M. R. (2011). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi pada UIN Alauddin Makassar. Jurnal Wawasan Islami. 06.(02).

Rosdiana. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Siswa pada Sekolah Menengah Di Kota Palopo. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 4(1).

Priyatna, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Kulliyatul Mu’allimin Al Islamiyah (KMI) di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Balendaah Bandung. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06.(11).

Maya, R. (2017) Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif ibn Jama’ah Al-Syafi’i . Edukasi Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Sadiah, Maya, R. dan Wahidin, U. (2018). Implementasi Model Pembelajaran dalam Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an di Majelis Taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Prosa PAI, 1(01).

Wahidin, U. (2018). ”Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 07. No. 02. h. 230.

Sumber dari Buku

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. (2012). Jakarta: Rajawali Pers.

Rusman, dkk. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunawan, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ahmad, B. P. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Kosim, A. Fathurrohman. (2018). Pendidikan Agama Islam sebagai core ethical values untuk Perguruan Tinggi Umum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, H. (2018). Literasi Dalam Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Gava Media.

Octavia, A. Shilpy. Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. (2020). Yogyakarta: Deepublish.

Sumber dari Website

KBBI. (2016). Implementasi, Kemdikbud: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/implementasi, diakses pada 8 Mei 2020 pukul 8.30 WIB.

Https://kbbi.web.id/motivasi diakses pada tanggal 18 Mei 2020 Pkl. 08.04 WIB.

Https://kbbi.web.id/siswa diakses pada tanggal 18 Mei 2020 Pkl. 08.24 WIB.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1609 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Salma Raaniyah, Unang Wahidin, Muhamad Priyatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats