UPAYA GURU BACA TULIS AL-QUR’AN (BTQ) DALAM MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS VII SMP YAPSA GUNUNG PUTRI KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Hari Prasetyo, Rahendra Maya, Ali Maulida

Abstract


Mempelajari baca tulis Al-Qur’an sangat urgen bagi umat muslim maka perlu adanya upaya guru BTQ dalam mengatasi kesulitan di dalamnya salah satunya yang ada di SMP Yayasan Pendidikan Islam Assa’adah (YAPSA). Hasil penelitian ini adalah (1) Upaya guru antara lain: memilih metode yang tepat, motivasi, semangat, membuat kelompok belajar, dan memberikan tugas; (2) Faktor pendukung antara lain: fasilitas sekolah yang memadai, media belajar, guru yang aktif, dan dukungan keluarga ketika belajar BTQ di rumah; (3) Faktor penghambat  antara lain: siswa mempunyai beragam kemampuan dalam BTQ, media pembelajaran yang kurang bervariasi, dan siswa yang kurang percaya diri; dan kurang motivasi belajar dari keluarga (4) Solusi yang dilakukan antara lain: membuat kelompok belajar, menggunakan media pembelajaran lain, memberikan motivasi kepada siswa, dan keluarga yang membimbing siswa belajar di rumah.


Keywords


Al-Qur’an, strategi guru, BTQ, metode Imla.

Full Text:

PDF

References


Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan , dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi–Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur‘an Tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibnu Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(12).

Tajudin, A., Sarbini, M. dan Maulida, A. (2020). Peran Guru Tahfizh Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas V SDIT Al Hikmah Depok Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2).

Sumber dari Buku

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi ke-4. Jakarta: PT Gramedia.

Ghani, A. Amin Abdul. (2020). Panduan Lengkap Belajar Imla dan Menulis Arab Otodidak. Jakarta: PT. Rene Turos Indonesia.

Ghony, M. Djunaidi dan Almanshur, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumber dari Internet

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kesulitan, diakses pada hari Kamis 27 Februari 2020 pukul 16:49. WIB.

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam nusantara/18/01/17/p2oodi396-65-persen-masyarakat-indonesia-buta-huruf-alquran, diakses pada hari Selasa 18 Februari 2020 pukul 17:31 WIB.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v3i01.1002 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hari Prasetyo, Rahendra Maya, Ali Maulida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats