KONSEP REZEKI MENURUT AL-SA’DI

Nurul Fajriani, Solahudin Solahudin, Ibrahim Bafadhol

Abstract


Penelitian ini tentang konsep rezeki menurut al-Sa’di. Penelitian ini dibuat karena konsep ini merupakan konsep dengan keyainan orang berbeda pandangan dalam memahami rezeki itu seperti apa, ada yang meyakini bahwa rezeki itu adalah sebuah usaha yang mana mendapatkannya dengan cara apa saja dengan halal maupun haram yang penting usaha. Dan ada juga yang berpendapat bahwa rezeki itu datang bukan hanya dari usaha akan tetapi dengan istigfar, takwa dan doa maka Allah akan memudahkan dan memberikan rezekiNya. tetapi dengan beberapa catatan di dalamnya. Tujuannya untuk mengetahui bagaimanakah pandangan al-Sa’di terhadap konsep Rezeki. Objek penelitian ini, konsep rezeki menurut al-Sa’di. Sumber data terbagi menjadi dua, data primer dari kitab tafsir Al-Qurān al-Sa’di, Ibnu Katsir dan Al Muyassar. Tafsir Al-Qur’an dan hadits-hadits shahih yang di dalamnya terkandung. Kedua, data sekunder yaitu buku-buku dan artikel dan artikel yang berkaitan dengan tema penelitian ini, di antaranya yakni Kunci-kunci Rezeki dan jurnal-jurnal lain juga yang berkaitan dengan konsep rezeki. Data-data Data-data tersebut didapati melalui studi pustaka. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa ternyata konsep rezeki menurut al-Sa’di adalah bahwa rezeki sudah menjadi jaminan bagi semua makhluk akan mendapatkannya dan diperintahkan untuk mencari rezeki dengan cara yang halal dan baik, maka tidak boleh ada keraguan dalam jiwa tentang rezeki

Full Text:

PDF

References


Andala Syahran, Sesungguhnya Al-Qur’an adalah Cahaya akan Kebenaran Hakiki, sumber https//muslim.or.id/24623-al-qur’an-adalah-cahaya.html, diakses: Bogor, tgl 25, desember 2019, pukul: 12.30

M.Ashraf Shaleh, Takwa Makna dan Hikmahnya dalam Al-Qur’an, Shaleh, penerbit Erlangga (2003), hal 28-

Muhammad Abduh Tuasikal, Hanya Allah yang Memberi Rezeki, diakses httsp//rumaysho.com/10608-hanya-Allah-yang-memberi-rezeki.html, tgl: 19, agustus 2020, pukul: 11.47.

Abd al-Rahman bin Nasir bin ‘abd Allah al-Sa’di, Taisir al-Karim al-Rahman fi Tafsir al-Kalam al-Mannan (diterjemahkan oleh Muhammad Iqbal, Lc, dkk dengan judul Tafsir Al-Qur’an), (Jakartaa; Darul Haq, 2015) 468-469.

Rizki, Tidak Mesti Berwujud Materi, diakses https://almanhah.or.id/3722-rizki-tidak-mesti-berwujud-mareti.html, pada tgl: 25, agustus 2020, pukul: 08.34.

Syaikh al-Allamah Dr.Shalih bin Muhammad Alu As-syaikh, Tafsir Al-Muyassar, (diterjemahkan oleh Muhammad Ashim dan Izzudin Karimi, dengan judul At-Tasir al-Muyassar), (Jakarta: Darul Haq, 2018), 667.

Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, al-Misbaahu Muniir fii Tahdziibi Tafsir Ibnu Katsir, (diterjemahkan oelh Tim Pustaka Ibnu Katsir, dengan judul Al-Misbaahul Muniir fii Tahdziibi Tafsir Ibnu Katsir), (Jakarta:, Pustaka Ibnu Katsir, 2015),483 .

Amalan Pembuka Pintu Rezeki, diakses dari https://umma.id/article/share/id/6/49322, pada tgl: 25, agustus 2020, pukul: 10.22.

Nina Rahmi, Skripsi: Korelasi Rezeki Dengan Usaha Dalam Perspektif Alquran, (Banda Aceh: UIN Ar-Raniry, 2018), 30-31.

Sar Al And Muhammad Baqir. (1990). Pendekatan Tematik Terhadap Tafsir Al-Qur'an dalam Ulumul Qur'an. 1, No. 4. Hlm: 34.

Abd Ghafir, “Sekilas Mengenal At-Tafsir Al-Adabi Al-Ijtima’I,” Al-Ahkam: Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum 1, no 1 (2016), https://doi.org/10.22515/al-ahkam.v1i1.102.

Aceng Zakaria, Tafsir al-Sa’di Tentang Sifat Allah dan Takdir, diakses: reposit.ory.uinjkt.ac.id, tgl: 28, agustus 2020, pukul 08.55

Muhammad Syafi’I Antonio, Asmaul Husna for Succes in business and life (sukses, kaya dan bahagia dengan Asmaul Husna, Jakarta: TAZKIA publishingJakarta: ), hal 109.

Abd al-Rahman bin Nasir bin ‘Abd Allah al-Sa’di Taisir al-karim al-Rahman fi Tafsir al-Kalam al-Mannan (diterjemahkan oleh Muhammad Iqbal, Lc, dkk dengan judul Tafsir Al-Qur’an (Jakarta: Darul Haq, 2015), 456.

Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Al-Misbaahu Muniir fii Tahdziibi Tafsir Ibnu Katsir, (diterjemahkan oleh tim Pustaka Ibnu Katsir, dengan judul Al-Misbaahul Muniir fii Tahdziibi Tafsir Ibnu Katsir), (Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir, 2015) 483.

Tafsir al-Sa’di/Syaikh Abdurrahman bin Nasir al-Sa’di, pakar tafsir abad 14 H, diakses dari https://tafsirweb.com/1146-quran-surat-al-imran-ayat-14.html, pada tgl: 19, agustus 2020, pada pukul: 11.14.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.