KONSEP RU'YAH ALLĀH DALAM ALQURAN (Studi Komparatif Tafsir Karya al-Zamakhsharī dan al-Saʻdī)

Nisrina Nisrina, Solahudin Solahudin, Ibrahim Bafadhol

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ruʻyah Allāh (melihat Allāh) dalam pandangan para cendekia Muslim, mengetahui biografi al-Zamakhsharī dan al-Saʻdī serta menelusuri pandangan ru'yah Allāh menurut al-Zamakhsharī dan al-Sa’dī. Metodologi tafsir yang digunakan adalah  mauḍu’i dan muqaran. Metode tafsir mauḍu’i digunakan untuk mengumpulkan ayat-ayat yang berkaitan dengan ru'yah Allāh. Sedangkan metode muqaran digunakan untuk membandingkan penafsiran ayat-ayat ru'yah Allāh antara al-Zamakhsharī dan al-Sa’dī. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah tafsir al-Kashshāf karya al-Zamakhsharī dan tafsir al-Sa’dī karya al-Saʻdī. Kemudian sumber data sekunder berupa buku-buku atau artikel. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa al-Zamakhsharī dan al-Sa’dī menafsirkan sama bahwa Allāh tidak dapat dilihat di dunia. Kemudian al-Zamakhsharī dan al-Sa’dī menafsirkan berbeda ketika melihat Allāh di akhirat. Al-Zamakhsharī berpendapat bahwa Allāh tidak dapat dilihat di akhirat. Sedangkan al-Sa’dī berpendapat bahwa orang-orang Mukmin akan melihat Allāh di akhirat dan orang-orang Kafir terhalang dari melihat Allāh. Sebab perbedaan pendapat tersebut cenderung dipengaruhi oleh mazhab yang dianut mufassir.

Keywords


Ruʻyah Allāh, al-Zamakhsharī dan al-Saʻdī

Full Text:

PDF

References


Sumber dari Jurnal atau Penelitian

Husnul, Achmad. (2012). Penafsiran Ayat-Ayat Tentang Penciptaan dan Kemampuan Jin (Studi Komparatif Tafsir Karya al-Zamakhsharī dan al-Rāzi). Semarang: IAIN Walisongo.

Mahyuddin. (2015). Tesis: Taisīr al-Karīm al-Raḥīm fī Tafsīr Kalām al-Mannān Karya Al-Saʻdī. Makassar: UIN Alauddin.

Sumber dari Buku

Al-Atharī, ʻAbd Allāh ʻAbd al-Ḥamīd. (2016). Al-Wajīz fī ‘Aqidah al-Salaf al-Ṣālīh (Intisari Aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaʻah). Terj. Farid bin Muhammad Bathathy. Jakarta: Pustaka Imam Syafiʻi.

Al-Dhahabī, Shams al-Dīn Abū ‘Abd Allāh Muḥammad bin Aḥmad bin ‘Uthmān. (1427). Sīar A’lāmin al-Nubalā'. Kairo: Dār al-Ḥadīth.

Al-Hanafī, Imām Ibn Abil Izz. (2015). Al-Minḥah al-Ilāhiyah fī Tahẓīb Sharh Al-Ṭaḥāwiyah (Tahdzib Syarah Aqidah Thahawiyah). Terj. Izzudin Karimi,Lc. Jakarta: Darul Haq.

Al-Ifriqī, Ibn Manẓūr Al-Anṣarī Al-Ruwaifiʻī. (1414). Lisān al-ʻarab. Bairut: Dār Ṣādar.

Al-Jazāirī, Abū Bakr Jābir. (2017). Minhāj al-Muslīm (Minhajul Muslim). Ter. Musthofa ʻAini, Lc dkk. Jakarta: Darul Haq.

Al-Khumayyis, Muḥammad bin ‘Abd al-Raḥmān. (1412). I’tiqād al-Aimmah al-Arba’ah. Saudi Arabia: Mamlakah al-‘Arabiyyah al-Su’ūdiyyah.

Al-Lālikāī, Abū al-Qāsim Hibah Allāh bin al-Ḥasan. (1423). Sharh Usūl I’tiqād Ahl al-Sunnah wa al-Jamā’ah. Saudi Arabia: Dār Ṭayyibah.

Al-Magrāwī, Abū Sahal Muḥammad bin ʻAbd Al-Raḥmān. Mausūʻah Mawāfiq al-Salaf fī al-ʻAqīdah wa al-Manhaj al-Tarbiyyah. Kairo: al-Maktabah al-Islāmiyyah Lilnashr wa al-Tauzīʻ.

Al-Muṣlih, Khalid bin ʻAbd Allāh bin Muḥammad. (1421). Sharh al-ʻAqīdah al-Wāsiṭiyah min kalām Shaikh al-Islām Ibn Taymiyah. Damām: Dar Ibn al-Jauzī.

Al-Naisābūrī, Muslīm bin Ḥajjāj Abu al-Hasān Al-Qushairī. Al-Musnad al-Ṣahīh al-Mukhtasar binaql al-ʻAdl ʻan al-ʻAdl ilā Rasūlillahi ṣallallāhu ʻalaihi wasallam (Ṣahīh al-Muslīm). Bairūt: Dār al-Iḥyā' al-Turāth.

Al-Qaṭṭān, Mannaʻ. (2016). Mabāhits fī ʻUlūm Alquran (Dasar-Dasar Ilmu Alquran). Terj Umar Mujtahid, Lc. Jakarta: Ummul Qura.

Al-Saʻdī, ʻAbd Rahman Ibn Nāṣir. (2015). Taisīr al-Karīm al-Raḥmān fī Tafsīr al-Kalām al-Mannān. Terj. Muhammad Iqbal, Lc dkk. Jakarta: Darul Haq.

Al-Saʻdī, ʻAbd al-Raḥmān Ibn Nāṣir. (1407). Taysīr Karīm al-Raḥmān fī Tafsīr Kalām al-Mannān. Unaizah: al-Mamlakah al-ʻArabiyah al-Suʻūdiyah.

Al-Uthaimīn, Muḥammad Ibn Ṣāliḥ. (2019). Taqrīb al-Tadmuriyyah (Jalan Selamat Dalam Memahami Sifat-Sifat Allāḥ, Syariʻat dan Takdir). Terj. Izzudin Karimi, Lc. Jakarta: Darul Haq.

Al-Zamakhsharī, Abū al-Qāsim Jār Allāh Muḥammad bin ‘Umar bin Muḥammad. (1407). Al-Kashshāf ‘an Haqāiq gawāmiḍ al-Tanzīl wa ‘Uyūn al-Aqāwīl fī Wujūh al-Ta`wīl. Bairūt: Dār al-Kitāb al-‘Arabī).

Al-Zamakhsharī, Abū al-Qāsim Jār Allāh Muḥammad bin ‘Umar bin Muḥammad. (1430). Al-Kashshāf ‘an Haqāiq gawāmiḍ al-Tanzīl wa ‘Uyūn al-Aqāwīl fī Wujūh al-Ta`wīl. Bairūt: Dār al-Marifah).

Ḥanbal, Abū ‘Abd Allāh Aḥmad bin Muḥammad. (1411). Uṣūl al-Sunnah. Saudi Arabia: Dār al-Manār.

Machasin. (2002). Al-Qāḍī ‘Abd al-Jabbār: Mutasyabih Alquran Dalih Rasionalitas Alquran. Yogyakarta: LKIS.

Māhan, Abī Ḥanīfah al-Nu’mān bin Thābit bin Zūta. (1419). Al-Fiqh al-Akbar. Emirat Arab: Maktabah al-Furqān.

Rusli, Risʻan. (2019). Theologi Islam (Telaah Sejarah dan Pemikiran Tokoh-Tokohnya), Jakarta: Kencana.

Sharif, M.M. (2017). Aliran-Aliran Filsafat Islam. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Umar, Husein. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Skripsi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.