PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SATUAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MASJID DI KELURAHAN SITU GEDE, KECAMATAN BOGOR BARAT KOTA BOGOR

Unang Wahidin, Aforisma Mulauddin, Muhammad Farisan Fauzi

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat di wilayah Kelurahan situ Gede berangkat dari permasalahan yang berkaitan dengan: (1) Antusiasme masyarakat terhadap pendidikan kegamaan Islam mengalami penurunan, (2) Sarana dan prasarana pendidikan keagamaan barbasis masjid kurang mendukung, (3) Antusiasme dan kontribusi para pemuda di bidang pendidikan Islam berbasis masjid perlu terus didorong. Sedangkan tujuan pengabdian kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Situ Gede ini adalah untuk: (1) Mendapatkan data wilayah beserta potensi yang ada di dalamnya baik berupa Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alam, (2) Mendeskripsikan respon mayarakat berupa partisipasi aktif terhadap program pengabdian kepada masyarakat, (3) Mengembangkan nilai-nilai keagamaan Islam yang sudah ada pada masyarakat. Metode pengabdian kepada masyarakat yang digunakan adalah pendampingan masyarakat sehingga terjadi keterlibatan masyarakat (community engagement) dalam berbagai kegiatan. Adapun hasil yang diperoleh dari pengabdian kepada masyarakat adalah: (1) Wilayah Kelurahan Situ Gede terluas keempat dari 16 kelurahan yang ada di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Terdiri dari 34 Rukun Tetangga (RT), 10 Rukun Warga (RW) dan 44 petugas satuan Linmas. Sedangkan populasi penduduk berjumlah 10.295 jiwa, jumlah ini merupakan 4% dari total jumlah penduduk di Kecamatan Bogor Barat, serta memilki area hijau yang potensial untuk dikembangkan. (2) Respon masyarakat berupa sikap antusias dan partisipasi aktif dalam mengikuti seluruh program pengabdian kepada masyarakat mengalami peningkatan, (3) Nilai-nilai keagamaan Islam yang telah ada pada masyarakat mengalami peningkatan, baik dilihat dari sisi pengetahuan dan wawasan, motivasi melaksanakan ajaran agama Islam, maupun dari sisi praktek pelaksanaan ajaran agama Islam. Kesimpulan yang diperoleh dari pengabdian kepada masyarakat dengan tema pemberdayaan masyarakat melalui satuan pendidikan Islam berbasis masjid adalah: Masyarakat Kelurahan Situ Gede masih membutuhkan agen pembaharu yang menjadi motor penggerak bagi pembangunan bidang pendidikan Islam.


Keywords


Pendidikan, Berdaya, Masyarakat, Berbasis, Masjid.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Bogor, 2018, Kecamatan Bogor Barat Dalam Angka.

Daulay, Putra, Haidar. (2014). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Moedjiono, Imam. "Konsep Pendidikan Islam." EL TARBAWI VI, 46-61 : 2003

Wahidin, U. (2013). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2. (03) h. 256

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Unang Wahidin, Aforisma Mulauddin, Muhammad Farisan Fauzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.