PENINGKATAN KUALITAS PARA PENGAJAR AL-QUR`AN DALAM RANGKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BACA AL-QUR`AN DI KELURAHAN GUNUNG BATU

Rumba Triana, Hasnil Hasyim, Nisrina Nisrina, Anggita Triya Ramadhani

Abstract


Pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Gunung Batu pada Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor melalui program peningkatan kualitas pera pengajar Al-Qur`an adalah bentuk pembinaan masyarakat untuk meningkatkan minat baca Al-Qur’an di masyarakat. Diantara Bentuk-bentuk program pendampingan yang dilakukan pada PkM kali ini diantara lain: (1) Guru Bantu Al-Qur`an TPA/TPQ Kelurahan Gunung Batu, (2) Festival Anak Sholeh Lomba Antar TPQ, (3) Seminar Peningkatan Kualitas Guru Al-Qur`an Kelurahan Gunung Batu, (4) Wakaf Al-Qur`an, Iqra` dan Buku Pembelajaran Al-Qur`an Metode Imam Syafi’i. Melalu observasi didapatkan bahwa pada Kelurahan Gunung Batu, didapati anak-anak yang belum dapat membaca dan menulis Al-Qur’an, selain itu juga tidak dapati sarana-prasana yang memadai, dan itu disebabkan imbas dari kurang memadainya guru-guru Al-Qur`an yang berkompeten dalam bidang baca, tulis dan keilmua Al-Qur`an. Maka untuk  membantu memecahkan masalah sosial tersebut, maka dirasa perlu memberikan pelatihan dalam bidang Al-Qur`an dengan tujuan di peningkatan SDM yang akan menjadi motor ditengah-tengah masyarakat. Pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Gunung Batu melalui program peningkatan kualitas pera pengajar Al-Qur`an telah melahirkan perubahan perilaku positif pada penerima manfaatnya dan berimplikasi pada meningkatnya kemampuan kemampuan membaca Al-Qur`an bagi warga Kelurahan Gunung Batu

Keywords


Pendidikan, pemberdayaan, Pengajar, Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Hanafi, Yusuf. (2019). Literasi Al-Qur`an: Model Pembelajaran Tahsin-Tilawah Berbasis Talqin-Taqlid. Sidoarjo: Delta Fajar Khatulistiwa.

Ginanjar, M. H. (2018). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01 (01), 2.

Neolaka, Armos. (2019). Isu-isu Kritis Pendidikan Utama dan Tetap Penting Namun Terabaikan. Jakarta: Prenamedia Grup.

Kusdian, Ading. (2014). SEJARAH PESANTREN: Jejak, Penyebaran, dan Jaringannya di Wilayah Priangan (1800-1945). Jakarta: 2014.

Raja, Suku AR. (2018). Panduan Cepat dan Mudah Membaca Al-Qur`an. Yogyakarta: Penerbit Kaktus.

Asy-Syafi’I, Imam. (2013). Kitab Al-Umm Jilid 2. Jakarta: Pustaka Azzam.

Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Al-Majdi, Abdussalam Al-Muqbil. (2008). Bagaimana Rasulullah Mengajarkan Al-Qur`an Kepada Para Sahabat. Jakarta: Darul Falah.

Dahlan, R.M. (2018). Menjadi Guru Yang Bening Hati: Strategi Mengelola Hati di Abad Modern. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Ali, Imran. (2012). 33 Amalan Penarik Berkah dan Rezeki. Jakarta: Penerbit Kalil.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rumba Triana, Hasnil Hasyim, Nisrina Nisrina, Anggita Triya Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.