PENDAMPINGAN MASYARAKAT DALAM MEMBANGUN KETAHANAN PANGAN DAN PRILAKU HIDUP SEHAT DI ERA NEW NORMAL

Abdul Rosyid, Aceng Zakaria, Abdul Qohhar

Abstract


Pemberdayaan masyarakat dimasa new normal merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam pengembangan kapasitas indvidu maupun masyarakat. Kegiatan pengabdian dan penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa ini menggunakan metode observasi, terjun langsung di masyarakat, wawancara serta dokumentasi dan penelusuran dengan cara menganalisis permasalahan yang dihadapi masyarakat kelurahan terutama masalah lingkungan, prilaku hidup sehat dan ketahanan pangan di era new normal. Karena itu pengabdian yang dilaksanakan di Kelurahan Padasuka Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor itu mengarah pada edukasi dan pembinaan serta pemberdayaan seputar penerapan protokol kesehatan, pengenalan masyarakat terhadap budaya perilaku hidup bersih dan sehat, bahkan pembinaan keagamaan, kewirausahaan dan lainnya. 


Keywords


Pemberdayaan; Prilaku; Ketahanan

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, R. (2006). Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan, Graha Ilmu, Yogyakarta.‎

Anhusadar, La, Ode, Islamiyah. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Karo, Marni, B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Moerad, S. K., Susilowati, E., Savitri, E. D., (dkk). (2019). Pendampingan Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Andriansyah, Yuli., Rahmantari, Natalia Desi. (2013). Penyuluhan dan Praktik PHBS (Perilaku ‎Hidup Bersih Sehat) dalam Mewujudkan Masyarakat Desa Peduli Sehat. Jurnal Inovasi dan ‎Kew

irausahaan Vol 2 No.1.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Rosyid, Aceng Zakaria, Abdul Qohhar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.