PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM RANGKA MENGGALI PERAN KIAI, PENGAJAR AL-QUR’AN, KEMAKMURAN MASJID DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PEDESAAN

Rahendra Maya, Aforisma Mulauddin, Budi Setiawan, Irfan Taufik Ramdani, Muhammad Algiansyah Subarja

Abstract


Sosok Kiai merupakan seorang tokoh yang sangat sentral dimasyarakat. Kehadirannya bukan hanya memberikan pencerahan melalui keilmuan agama melainkan juga dapat membangun masyarakat dengan berbagai pemberdayaannya. Meski demikian ilmu agama menjadi landasan dalam setiap langkah masyarakat terutama ilmu tentang Al-Qur’an yang merupakan kebutuhan dasar manusia dalam beragama, sehingga peran seorang kiai untuk mengajarkan dan mencetak masyarakat pengajar Al-Quran menjadi hal yang sangat prioritas. Sehingga masyarakat yang telah terdidik melalui pengajaran Al-Qur’an senantiasa dapat mengamalkan ilmunya, terutama di setiap masjid yang merupakan tempat paling mulia di muka bumi. Meskipun demikian masjid bukan hanya tempat untuk dijadikan ritual ibadah saja, tetapi masjid juga menjadi sebuah wadah bagi masyarakat dalam membangun solusi peradaban di tengah-tengah peliknya permasalahan kehidupan melalui program-program yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Desa Bojong Kidul, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut merupakan sebuah lokasi yang memiliki berbagai potensi untuk mengkombinasikan berbagai hal tersebut sebagai bentuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat guna menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui instrumen masyarakat di pedesaan.


Keywords


kiai; pengajar Al-Qur’an; masjid; pemberdayaan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, R. (2006). Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.‎

Al-Achmad, Miqdad Ibrahim, Wahidin, Unang, dan Priyatna, Muhamad. (2020). Upaya Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an dalam Pembelajaran Al-Qur’an di RW 8 Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Tahun 2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2).

Al-Fandi, Haryanto. (2014). Konsep Pendidikan Seumur Hidup (Long Life Education). Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 14(1).

Budianto, Heri. (2019). Peran Remaja Islam Masjid Bagi Remaja di Era Millenial. Jurnal Pendidikan: Edukasia Multikultura, 1(2).

Darodjat, D. dan Wahyudhiana, W. (2014). Memfungsikan Masjid sebagai Pusat Pendidikan untuk Membentuk Peradaban Islam. ISLAMADINA: Jurnal Pemikiran Islam.

Izzah, Iva Yulianti Umdatul. (2011). Perubahan Pola Hubungan Kiai dan Santri Pada Masyarakat Muslim Tradisional Pedesaan. The Sociology of Islam, 1(2).

Masrur, Mohammad. (2018). Figur Kyai dan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).

Maya, Rahendra. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam Mâjid ‘Irsân Al-Kîlânî. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 01(01).

Maya, Rahendra. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, Rahendra. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).

Maya, Rahendra. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb Tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(11).

Mitra, Oki, dan Adelia, Ismi. (2020). Profil Orang Tua Sebagai Pendidik Menurut Al-Qur’an. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2).

Suma’at, Maya, Rahendra, dan Suretno, Sujian. (2020). Peran Guru Al-Qur’an dalam Meningkatkan Hafalan Santri di Kuttab Awwal Usia Satu Sampai Enam Tahun Dengan Metode Talaqqi di Kuttab Al-Fatih Kelapa Dua Kota Depok Tahun Ajaran 2019/2020”. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B).


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rahendra Maya, Aforisma Mulauddin, Budi Setiawan, Irfan Taufik Ramdani, Muhammad Algiansyah Subarja

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.