PEMBERDAYAAN PEMUDA DALAM BIDANG PENDIDIKAN KEAGAMAAN DI DESA CIKARAWANG, KECAMATAN DRAMAGA, KABUPATEN BOGOR

Unang Wahidin, Muhammad Sarbini, Sugeng Ribowo

Abstract


Pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan keagamaan merupakan hal yang mendesak untuk dilakukan, hal ini karena berkaitan dengan penggalian dan pengembangan potensi yang dimiliki pemuda dan pada implementasinya berpatokan kepada nilai-nilai moral yang ada pada ajaran agama yang diimaninya. Tulisan ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan keagamaan, (2) Mendeskripsikan partisipasi masyarakat pada PkM pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan keagamaan, dan (3) Mendeskripsikan hasil PkM pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan keagamaan.  Metode PkM yang digunakan adalah community engagement dengan tiga tahapan dalam pelaksanannya. Hasil dari PkM ini adalah: (1) Pelaksanaan PkM berdasarkan jadwal yang telah direncanakan, waktu dan target pencapaian program diusahakan sama dengan yang telah direncanakan, (2) Partisipasi masyarakat khususnya pemuda sangat antusias dan sukarela terlibat dalam berbagai kegiatan PkM, (3) PkM pemberdayaan pemuda dalam bidang pendidikan keagamaan memberikan perubahan dan perkembangan kehidupan di lingkungan masyarakat khususnya para pemuda. Selain ukhuwwah islamiyyah yang terjalin dengan baik dan kuat, juga ada perubahan yang lebih baik pada bidang sosial, kesejahteraan umum, pendidikan, dakwah, dan keagamaan. 


Keywords


menguatkan; anak muda; pemahaman; religiositas

Full Text:

PDF

References


Ghazali A D.( 2015). Studi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Octavia, E. (2016). Suatu Kajian tentang Moralitas Pergaulan Mahasiswa Pendatang di Lingkungan IKIP-PGRI Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 1, No. 1, 23–34.

Peraturan Pemerintah Nomor 0059. (2013). Pengembangan Kepemiminan Pemuda

Raikhan Raikhan. (2018). Peran Pesantren Dalam Perkembangan Penalaran Moral Santri. Madinah: Jurnal Studi Islam. Vol. 5, No. 1. 57–79.

Safei A A. (2017). Sosiologi Islam: Transformasi Sosial Berbasis Tauhid. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Sudibyo, Lies, Dkk. (2013). Ilmu Sosial Budaya Dasar. Yogyakarta : Andi Offset

Suharto, Edi (2014). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Suradarma, B., I. (2018). Revitalisasi Nilai-Nilai Moral Keagamaan di Era Globalisasi Melalui Pendidikan Agama. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan,Vol. 18, No. 2, 50-58.

Utami, B., I. (2018). Peran Komunitas Islam dalam Menyemangati Keagamaan para Pemuda. Jurnal Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah). Volume 18, Nomor 1, 105-125.

Perwata, A., F.(2016). Politik Pendidikan Taman Siswa (1945-1950). Ph.D Thesis. Universitas Negeri Jakarta.

Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa; Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Wahidin, U., Mulauddin, A., Fauzi, F. M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Satuan Pendidikan Islam Berbasis Masjid di Kelurahan Situ Gede Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 01, 54-65.

Yamin, M., Nelson, Bariyanto. (2020). Kontribusi Gerakan Pemuda Ansor dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Kepahiyang. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 9, No. 2, 91-106.

Yuliati Yuliati. (2010). Pemikiran Tamansiswa Tentang Pendidikan Budi Pekerti Pada Masa Pra Kemerdekaan. Jurnal Sejarah dan Budaya, Vol. 3, No. 1.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Unang Wahidin, Muhammad Sarbini, Sugeng Ribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.