PEMBERDAYAAN GENERASI MUDA MELALUI OPTIMALISASI MASJID DALAM UPAYA MEWUJUDKAN MASYARAKAT MADANI

Fachri Fachrudin, Irfan Bahar Nurdin, Sifatinakiyah Sifatinakiyah

Abstract


Bagian dari aktivitas kampus STAI Al Hidayah Bogor adalah adanya kegiatan KKM yang di utus di wilayah yang telah ditentukan. Salah satunya kegiatan KKM yang dilaksanakan di Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, dengan tujuan terwujudnya peran serta aktif Civitas akademia STAI Al Hidayah Bogor dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat sekitar dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Lingkungan, Prilaku Hidup Sehat, Dan Ketahanan Pangan Di Era New Normal”. Metode yang digunakan dengan cara studi lapangan, menggunakan metode deskriptif, mengargumentasikan dan memaparkan kegiatan secara terperinci sesuai dengan data dan fakta yang ada. Hasil dari kegiatan KKM adanya respon masyarakat terhadap keseluruhan kegiatan KKM yang sangat baik, mulai dari penerimaan, penyambutan, partisipasi, pelaksanaan dan evaluasi terhadap setiap program KKM tersebut. Respon positif dari kalangan masyarakat khususnya dari ibu-ibu pengajian, juga dari pihak desa, Ketua RT setempat, Ketua RW, DKM, serta anak-anak. Antusiasme masyarakat Desa  Mekarjaya pada setiap program KKM perlu mendapat respon dengan pesertanya cukup banyak, namun tetap harus membatasi peserta dalam setiap kegiatan mengingat masih adanya wabah pandemi Covid 19. Apresiasi dan dukungan pejabat setempat disetiap kegiatan sangat baik. Bahkan ketua RW 05 menyatakan kebanggaannya terhadap kegiatan-kegiatan KKM Kelompok 2 STAI Al-Hidayah Bogor yang merata, hal ini bisa terlihat dari keterlibatan kegiatan hampir seluruh RW yang ada di Desa Mekarjaya. 


Keywords


pemberdayaan; optimalisasi masjid; masyarakat madani

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, R. (2006). Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.‎

Muhammad Abdul Hadi al Misri. (1988). Ahlu Sunnah wa Al-Jama’ah Ma’alim Al-Inthilaq Al-Kubra. Dar Thayiibah. Riyadh

Anhusadar, La, Ode, Islamiyah. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Karo, Marni, B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Moerad, S. K., Susilowati, E., Savitri, E. D., (dkk). (2019). Pendampingan Pelaksanaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fachri Fachrudin, Irfan Bahar Nurdin, Sifatinakiyah Sifatinakiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.