PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA CIAPUS TERHADAP PRILAKU HIDUP SEHAT DAN KETAHANAN PANGAN DI ERA NEW NORMAL

Sarifudin Sarifudin, Muslim Muslim, Hasnil Hasyim

Abstract


Sebagai seorang dosen yang professional di tuntut wajib melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat Kegiatan ini dilaksanakan di desa Ciapus kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor yang memiliki tantangan tersendiri karena dilaksanakan di tengah-tengah suasana pandemi covid 19 pada masa pandemi covid 19. Melalui program pemberdayaan masyarakat melalui prilaku hidup sehat ketahanan pangan di masa era new normal ini yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan kesehatan masyarakat di desa Ciapus. Kami dalam melaksanakan kegiatan ini selalu berkordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti pejabat Kecamatan Ciomas, pejabat desa Ciapus, pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), para tokoh masyarakat desa Ciapus dan pihak-pihak terkait lainya, serta dalam realisasi di lapangan selalu mematuhi melalui protokol kesehatan seperti:cuci tangan, menggunakan masker, jaga jarak dan lain-lain. Pada realitanya semoga program ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan sosial dan kesehatan yang baik, Desa Ciapus Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang berada di daerah pedesaan yang memiliki banyak tempat ibadah khususnya Masjid, kami menggunakan masjid sebagai program kegitan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah namun dapat difungsikan sebagai pusat kegiatan sosial dan kesehatan program Pendidikan bagi warga sekitar mengingat mayoritas mereka komunitas muslim. Adapun kegiatan program pemberdayaan yang kami lakukan adalah antara lain: (1) Pembagian Masker dan Handsanitazer, (2) Pembersihan Masjid dan Wakaf Sarana Prasarana Masjid (3) Pembagian Sembako Yatim dan Dhuafa Dampak Covid 19, (4) Jum’at Berkah, (5) Festival Anak Muslim/Muslimah, (6) Khitanan Masal Yatim Dhuafa, (7) Tebar Iqra dan Al Quran, (8) Mengisi Kajian Majlis Talim Ibu-ibu, (9) Tebar Hijab, (10) Pembuatan Sumur Bor. Dengan demikian, semoga 10 (sepuluh) kegiatan pengabdian kepada masyarakat semoga dapat berguna untuk kemajuan desa Ciapus kedepannya, sehingga desa nya menjadi maju dan masyarakatnya semakin sejahtera khususnya dalam menghadapi masa pandemi covid 19 ini.


Keywords


Pemberdayaan Masyarakat Desa Ciapus; Kesejahteraan Sosial; Kesehatan di Era New Normal

Full Text:

PDF

References


Oos M. Anwas, (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Era Global. Bandung: Alfabeta.

Samsul Munir Amin. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.

James A. Christenson & Jerry W. Robinson, Jr Ames. (1989). Community Development In Perspective: Lowa State University Pres.

Tohirin. (2011). Dasar-dasar Metode Penelitian Pendekatan Praktis. Pekanbaru.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Kesi Widjajanti. (2011). Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1): 16.

Koentjaraningrat. (2009). Manusia dan Kebudayaan di Indonesia. Djambangan. Jakarta. Longman.

Kurniawan, S. (2014). Masjid Dalam Lintasan Sejarah Umat Islam. Jurnal Khatulistiwa-Journal of Islamic Studies, 4(2), 169–184.

Memed Sueb, Euis Nurhayati, I. Y. (2019). Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pemaksimalan Hasil Produksi Rumah Tangga di Wilayah Jatinangor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Padjajaran, 3(5): 121–122.

Nurjamilah, C. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid dalam Perspektif Dakwah Nabi saw. Journal of Islamic Studies and Humanities, 1(1): 93–119. https://doi.org/10.21580/jish.11.1375

Ridwanullah, A. I., & Herdiana, D. (2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 12(1): 82–98. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i1.2396

Jamaludin. (2015). Sosiologi Perdesaan. Bandung: Pustaka Setia, hlm. 5

Soekanto. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Soelaeman. (1994). Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: CV Alfabeta.

Setiana. (2005). Teknik penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.

Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD). (2013). Petunjuk Teknis Program Pemberdayaan Desa dalam Rangka Otonomi Menuju Desa Mandiri Tahun 2013. Tembilahan: BPMPD.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sarifudin Sarifudin, Muslim Muslim, Hasnil Hasyim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.