PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGAN, PERILAKU HIDUP SEHAT, DAN KETAHANAN PANGAN DI ERA NEW NORMAL

Sujian Suretno, Muhamad Priyatna, Ujang Andi Yusuf, Sakira Riskawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi warga masyarakat Desa Sukamakmur, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor dalam rangka membangun kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dengan berperilaku hidup sehat dan mengembangkan potensi ekonomi yang ada agar tetap bertahan dan melangsungkan hidupnya dengan baik selama masa pandemi Covid-19. Kegiatan dilaksanakan secara kolaboratif dengan melibatkan sepuluh mahasiswa di lapangan. Penulis menganalisis berbagai data baik yang didapat secara langsung melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi maupun data-data yang didapat secara virtual. Penulis menyimpulkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Desa Sukamakmur terhadap protokol kesehatan masih rendah, sehingga ada limapuluh warga yang positif terpapar Covid-19. Adapun dampak ekonomi yang menerpa masyarakat paling besar pada industri pembuatan sandal dan sepatu yang melibatkan lebih dari 60% warga masyarkat yang bekerja disana. Sementara warga masyarakat yang berprofesi sebagai ASN dan petani tidak terlalu terdampak. Tim PkM melakukan Gerakan pengetatan prokes dengan memperbanyak sosialisasi dan membagikan masker kepada warga. Tim PkM juga memberikan beberapa solusi untuk meringankan beban ekonomi masyarakat. Kolaborasi pemerintah Desa Sukamakmur, warga masyarakat, dan Tim PkM diharapkan dapat mengatasi permasalahan Kesehatan dan ekonomi yang menimpa masyarakat warga Desa Sukamakmur akibat pandemi Covid-19


Keywords


kesehatan; ekonomi; pandemi covid-19; strategi survival.

Full Text:

PDF

References


Noviana, Ivo. (2010). Participatory Action Reasearch: Peningkatan Kesadaran Masyarakat Untuk Menjadikan Lingkungan yang Bebas Narkoba. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 15(03): 208-218.

Adiprasetio, Justito, dkk. (2020). Riset Aksi Partisipatif: Festival Kebudayaan Menghadapi Intoleransi. Jurnal Kajian Komunikasi, 08(01): 15-28.

Wibowo, Heri, dkk. (2021). Business Coaching: Pengembangan Industri Kecil Menengah Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(01): 11-19.

Marliani, Lia, dkk. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Minat Masyarakat Terhadap Produk Herbal Dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 08(02): 208-214.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sujia Suretno, Muhamad Priyatna, Ujang Andi Yusu, Sakira Riskawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.