Pemakmuran Masjid sebagai Sarana Ibadah dan Bantuan Sosial lainnya di Masyarakat Kelurahan Pasir Kuda Bogor Barat

Solahudin Solahudin, Ujang Andi Yusuf, M Akvin Syarifudin, M Faisal Maulana

Abstract


Memakmurkan masjid adalah kewajiban setiap muslim. Bahkan ini adalah tanda bahwa ia adalah seorang muslim sejati. Antusias penduduk untuk memakmurkan masjid di wilayah Bogor masih sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan saff salat yang cukup penuh di setiap waktunya terutama pada waktu magrib, isya dan subuh karena ke tiga waktu ini biasanya masyarakat berada di rumahnya masing-masing setelah sibuk di tempat kerja mereka yang biasanya jauh dari rumah. Selain mamakmurkan masjid, masyarakat Bogor pun masih membutuhkan bantuan-bantuan untuk meringankan bebannya terutama di masa-masa pandemi yang menyebabkan perekonomian terasa sulit. Dari ini, PkM pun merasa tergerak hati untuk memberikan solusi berupa memberikan saluran bantuan terutama untuk masyarakat yang membutuhkan. Melalui kegiatan PkM (Pengabdian kepada Masyrakatat) yang merupakan pengejawantahan dari salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, STAI al-Hidayah bermaksud meneliti, dan memerhatikan kehidupan sosial masyarakat terutama yang berkaitan dengan pemakmuran masjid bagi kaum mulimin dan bantuan sosial yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Program yang dijalankan oleh tim PkM berdampak pada kesejateraan masyarakat, karena semua program saling terintregasi aspek dakwah keagamaan, sosial, budaya dan pendidikan. Dan tentunya ini memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk merubah diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sebagai contoh tim PkM melakukan kegiatan Pembagian sembako untuk yatim dan dhuafa. Secara program, kegiatan ini masuk ke ranah sosial, namun untuk mendongkrak kebutuhan masyarakat, kami pun memfasilitasi dengan memberikan keilmuan berupa tausiyah agama dan pendidikan singkat yang diadakan di dalam masjid yang telah dirapihkan terlerlebih dahulu

Keywords


masjid; sarana ibadah; pasir kuda

Full Text:

PDF

References


Anisa Mufida. (2020). Polemik Pemberian Bantuan Sosial di Tengah Pandemic Covid 19. Jurnal Buletin Hukum dan Keadilan, IV(01); 159-166.

Abu Al-Fida Ismail Ibn Kathir. (1999 M). Tafsir Al-Quran Al-Azim. Dar Al-Tayyiban li Nasr wa Tauzi.

Pathur Rahman. (2018). Konsep Istiqamah dalam Islam. JSA, 2(2); 87-97.

Al-Sa’di, Abd Rahman ibn Nasir ibn Abd Allah. (2000). Taisir Al-Karim Al-Rahman fi Tafsir Al-Kalam Al-Mannan. Muassasah Al-Risalah.

Zaitun dan Siti Habibah. (2013). Implementasi Sholat Fardhu Sebagai Sarana Pembentuk Karakter Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang. Ta’lm: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2); 153-168.

Moh. Nasikin. (2017). Memakmurkan Masjid Melalui Gerakan Shalat Berjamaah di Desa Parampuan Kecamatan Labu Api Kab. Lombok Barat, Vol. 16. 93-102.

Bukman Lian. (2019). Tanggung Jawab Thridarna Perguruan Tinggi Menjawab kebutuhan Masyarakat, Prosiding Seminar Nasional. Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Bambang Tejokusumo. (2014). Dinamika Masyarakat Sebagai Sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Geoedukasi, III(1); 28-43.

Zahrah Shaluhiyah, Aditya Kusumawati dkk. (2020). Pengetahuan, sikap dan Praktik Ibu dalam Pemberian makanan Sehat Keluarga di Kota Semarang. Jurnal Gizi Indonesia, 8(2); 92-101.

https://kotabogor.go.id/index.php/profilwilayah/detail/32/kelurahan (diakses pada 6-1-2021)

https://www.metropolitan.id/2020/10/jumlah-penduduk-miskin-kota-bogor-diprediksi-melonjak/


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Solahudin Solahudin, Ujang Andi Yusuf, M Akvin Syarifudin, M Faisal Maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.