URGENSI ANALISIS KEBUTUHAN DIKLAT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI DAN BUDI PEKERTI

Syaihol Amin, Ali Nurhadi

Abstract


Sebelum mengadakan program kegiatan pendidikan dan pelatihan, dalam tahap perencanaan diperlukan adanya analisis kebutuhan. Dalam analisis kebutuhan ada kegiatan identifikasi dan pengambilan data terlebih dahulu kemudian dilakukan penyaringan untuk menentukan skala prioritas untuk dilanjutkan ke penyusunan perencanaan program. Tujuannya agar hasil diklat sesuai dengan apa yang diharapkan. Artinya, ada kesesuaian antara hasil diklat dengan apa yang dibutuhkan oleh peserta diklat. Analisis kebutuhan diklat bagi guru PAI dan Budi Pekerti dapat dilakukan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi dan mengambil data di lapangan yang dilakukan pada enam ranah kompetensi yang harus dikuasai. Enam ranah kompetensi tersebut adalah kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, sosial, religius, dan kompetensi leadership. Penyelenggara diklat bagi guru PAI dan Budi Pekerti diharapkan mampu melakukan identifikasi dalam rangka memetakan dan menentukan skala prioritas program diklat pada ranah kompetensi yang diinginkan.

Full Text:

PDF

References


Ekawati, Fitriyah. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT Imam Bukhari, Sumedang Jawa Barat. Jurnal ISEMA: Islamic Educational Management, 3(02).

Heriyansyah. (2020). Urgensi Kepemimpinan Guru yang Kompeten di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(01).

Murfi, Ali dkk. (2020). Kepemimpinan Sekolah dalam Situasi Krisis Covid-19 di Indonesia. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 05(01).

Muslim. (2020). Kepemimpinan Menurut Perspektif Islam dalam Membentuk Budaya Organisasi dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(01).

Nasukah, Binti dkk. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik di Lembaga Pendidikan Islam. Dirāsāt: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 6(01).

Nurhadi, Ali. (2020). Implementasi Manajemen Strategi Berbasis Pembiasaan dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa. Jurnal Al Afkar, 3 (01).

Suyitno, Teguh. (2019). “Upaya Peningkatan Mutu Diklat Melalui Kegiatan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD)”. (https://bkpsdm.bulelengkab.go.id/artikel/upaya-peningkatan-mutu-diklat-melalui-kegiatan-analisis-kebutuhan-diklat-akd-21, diakses 9 Maret 2020).

Wulandari, Retno. (2005). Penilaian Kebutuhan Pelatihan: Tantangan dan Solusi. Jurnal Siasat Bisnis. (https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/970/879, diakses 9 Maret 2020).

Sumber dari Buku

A’la, Ach. Syaiful. (2013). Pendidik dalam Perspektif Islam. Dalam Mohammad Muchlis Solichin (Ed.), Memotret Guru Ideal-Profesional: Harapan, Peluang, dan Tantangan di Tengah Arus Perubahan Sosial (17-34). Surabaya: Pena Salsabila.

A.Fauzi, Ikka Kartika. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung: Alfabeta.

Buna’i. (2013). Prospek Guru Agama Pasca Pemberlakuan Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14/2005. Dalam Mohammad Muchlis Solichin (Ed.), Memotret Guru Ideal-Profesional: Harapan, Peluang, dan Tantangan di Tengah Arus Perubahan Sosial (71-85). Surabaya: Pena Salsabila.

Direktorat Pendidikan Agama Islam. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Peningkatan Kompetensi Guru PAI SMP. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Kamil, Mustofa. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Kosim, Mohammad. (2013). Pengantar Ilmu Pendidikan Surabaya: Pena Salsabila.

Mudlofir, Ali. (2013). Pendidik Profesional Konsep, Strategi, dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mudlofir, Ali. (2013). Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru Sertifikasi Guru/ Pengawas dalam Jabatan Kuota Tahun 2013. Surabaya: LPTK IAIN Sunan Ampel.

Mujib, Abdul dan Mudzakkir, Jusuf. (2014). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mujiman, Haris. (2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Naim, Ngainun. (2013). Menjadi Guru Inspiratif: Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roqib, Moh. (2009). Ilmu Pendidikan Islam Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.

Silberman, Mel. (2010). 101 Cara Pelatihan dan Pembelajaran Aktif Edisi Kedua. Jakarta: Indeks.

Siswanto. (2013). Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Pena Salsabila.

Sukardi. (2014). Evaluasi Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i2.871 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional