PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASIWA POLITEKNIK PGRI BANTEN

Rosdiana Rosdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dosen dan motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Politeknik PGRI Banten dalam pembelajaran Matematika yang signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh dosen Matematika dan mahasiswa Politeknik PGRI Banten dengan teknik penentuan sampel Proportional Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar mahasiswa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa hal ini dapat dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,290 dengan tingkat signifikan sebesar 0.002. Variable Kompetensi dosen juga secara parsial menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai t hitung sebesar 4,310 dengan Sig.t = 0,000). Motivasi belajar mahasiswa dan kompetensi dosen menurut sudut pandang mahasiswa secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 14,063 dengan tingkat signifikan sebesar 0.000

Kata Kunci: kompetensi dosen, motivasi belajar, prestasi belajar.


References


Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Asara.

Djamarah, S.B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, O. (2002). Pendidikan guru berdasarkan pendekatan kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Isaac, S., & Micheal, W.B. (1983). Handbook in research and evaluation: For education and behavioral sciences. San Diego: WdITS Publisher.

Mulyasa, E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Naim, N. (2009). Menjadi Dosen Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Robbins, P.S. (2006). Organization Behavior. Jakarta: Gramedia.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Aplikasinya dalam Penelitian. Gorontalo: Nurul Jannah.

Uno, B.H. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Suyanto & Jihad, A. (2013). Menjadi Dosen Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Dosen di Era Global. Jakarta: Erlangga Group.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i2.832 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional