DAMPAK COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI Mts Al-ASYHAR BUNGAH GRESIK

Isa Anshori, Zahro'ul Illiyyin

Abstract


Coronavirus merupakan sebuah wabah yang tidak terduga yang dapat dikatakan sebagai krisis kesehatan, pada saat ini sosial distancing sangat digunakan untuk memutuskan rantai penularan wabah ini sehingga untuk melakukan segala pekerjaan dan pendidikan. Perkembangan  teknologi sangat berpengaruh untuk dapat membantu aktivitas agar tetap berjalan semestinya, meskipun dilakukan hanya dari rumah saja. setiap orang diharuskan untuk dapat menggunakan teknologi yang setiap harinya terus berkembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mencari informasi bagaimana dampak wabah covid 19 ini dapat mempengaruhi pendidikan islam di Mts Al-Asyhar Bungah Gresik, dan cara menyikapi sebagai tenaga pendidikan dan siswa untuk menghadapi pandemi yang sedang terjadi saat ini. Metode yang digunakan yaitu dengan studi literatur yang dilakukan dengan cara mencari beberapa sumber dari jurnal, artikel, dan berita. dan penelitinnya menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk mencari informasi kendala dan dampak dari Covid 19 terhadap kegiatan proses belajar mengajar di sekolah Mts Al-Asyhar.  Hasil dari penelitian ini yaitu manajemen dalam lembaga pendidikan sangat berperan penting dalam mengatur pendidikan yang harus tetap mempertahankan mutu sumber daya manusia yang berkualitas meskipun dalam situsi pandemi yang terjadi saat ini dengan melakukan pembelajaran secara online dengan menggunakan teknologi yang saat ini telah berkembang

References


Agus Purwanto dkk. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”. Journal of education, psychology, and counselling. Vol 2 (1). 2020

Ahmad falah. “STUDI ANALISIS ASPEK-ASPEK KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 01 KARANGMALANG GEBOG KUDUS”. Vol 3 (1). 2015

Isa Anshori. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah” Islamic Education Journal 1 (2). Desember 2017

Karolin Rista dan Eko April Ariyanto. “Pentingnya Pendidikan & Meningkatkan Motivsi Belajar Anak”. jurnal Abdikarya. Vol 1(2). Desember 2018.

Kasmawati. “IMPLEMENTASI PERENCANAAN PENDIDIKAN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM”. JURNAL IDAARAH. Vol III (1). juni 2019

Manda. “ FUNGSI PENGORGANISASIAN DAN EVALUASI PESERTA DIDIK”, Journal of islamic Education Management. Vol 1 (1). oktober 2016

Moh. Ainin dkk. “Eksplorasi Program Pembinaan Pelaksana pendidikan pendekatan School Based Management pada Madrasah Tsanawiyah kawasan pinggiran, pedesaan, dan terpencil di Jawa Timur”. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN. Vol 20 (1). April 2013

Sigit Priatmoko. “MEMPERKUAT EKSISTENSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA 4.0”. jurnal studi pendidikan islam. Vol 1 (2). Juli 2018.

Syamsuddin. “PENERAPAN FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN”. JURNAL IDAARAH. Vol 1 (1). Juni 2017

Wahyu Aji Fatma Dewi. “DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 2 (1). April 2020


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i2.803 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional