PROGRAM BIMBINGAN KARIR ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PROKRASTINASI AKADEMIK TINGKAT SMK

Trismayanti Mutia, Imas Kania Rahman, Indupurnahayu Indupurnahayu

Abstract


Dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan formal peran peserta didik menjadi salah satu faktor penting terlaksanannya kegiatan pembelajaran, dengan katalain peserta didik memiliki peran penting dalam terselenggaranya pendidikan. Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, pendidikan di Indonesia semakin memiliki beragam masalah, terutama masalah pada peserta didik yang salah satunya adalah masalah prokrastinasi akademik pada peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi program bimbingan karir Islami untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa prokrastinasi akademik tingkat SMK. Program tersebut difokuskan kepada para prokrastinator khususnya di kelas XII yang akan menghadapi dunia bersaing yang sesungguhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research, dengan peneliti langsung kelapangan untuk melihat fenomena, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu program bimbingan dan konseling karir dari sekolah yang diteliti masih belum dituangkan ke dalam bentuk program secara khusus, dengan kata lain layanan bimbingan karir masih tersirat. Dari temuan tersebut maka, peneliti membuat produk dalam bentuk program khusus layanan bimbingan dan konseling karir Islami untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa prokrastinasi, dengan tujuan layanan bimbingan dan konseling karir Islam dapat diperhatikan secara khusus, untuk memebantu peserta didik/konseli memecahkan masalah karirnya

Kata Kunci: Minat Berwirausaha, Program Bimbingan Karir Islami, Prokrastinasi Akademik


References


Apriani, P., Rahman, I. K., & Hamdani, I. (2018). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Tawazun, 11(1), 42–51.

Fahmi, R., & Amanda, T. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Integrated Journal of Business and Economics (IJBE), 2(1), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.571256

Fathmah, A., Suteja, J., & Muzaki. (2019). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling Karir Islam Terhadap Peingkatan Pemahaman Siswa Di Dalam Pemilihan Karir (studi kasus pada kelas XI SMA Negeri 1 Gegesik). Bimbingan Dan Konseling Islam, (Bimbingan dan Konseling KArir Islam), 1–15.

Faujiah, R. A., Rahman, I. K., & Yono, Y. (2018). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Religiusitas Siswa di SMA Negeri 10 Bogor. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 510–520. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3952

Fitria, K. N. (2016). Layanan Bimbingan Karir dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Di SMK/SMF “Indonesia” Yogyakarta. 2002(1), 1–136. https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188

Frendi Fernando, I. K. R. (2016). KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY (SFBT) UNTUK MEMBANTU MENYEMBUHKAN PERILAKU PROKRASTINASI MAHASISWA. Edukasi, 2(2), 215–236. https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188

Gumilang, R. M. (2015). Perencanaan karir calon pensiunan dalam perspektif bimbingan dan konseling islam ( Studi kasus di yayasan taman siswa jetis yogyakarta).

Huda, A. N. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Karir Berbasis Kecakapan Hidup untuk Meningkatkan Enterpreunership Peserta Didik di SMK PGRI 4 Bandar Lampung Tahn ajaran 2018/2019. (Bimbingan Karir), 1–106.

Indrizal, E. (2016). DISKUSI KELOMPOK TERARAH Focus Group Discussion (FGD) (Prinsip-Prinsip dan Langkah Pelaksanaan Lapangan). FISIP Universitas Andalas, Padang, 75–82.

Munawaroh, M., Alhadi, S., & Saputra, W. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p026

Mutia, T. (2019). Arsip Program Bimbingan dan Konseling SMK 1 dan 3 Negeri Bogor.

Pamungkas, N. D. (2019). BIMBINGAN KARIR UNTUK MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEURSHIP PADA KORBAN KEKERASAN BERBASIS GENDER DI APPS SRAGEN. IAIN Surakarta, (Bimbingan karir), 1–67.

Rahman, I. K., Indra, H., & Kasman, R. (2018). PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BEHAVIOUR OF ACADEMIC PROCRASTINATION AND GUIDANCE AND COUNSELING SERVICES. Tadbir Muwwahid, 2(2), 111–119.

Rosmiati, R., Junias, D. T. S., & Munawar, M. (2015). Sikap, Motivasi, Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 21–30. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.21-30

Sugiyono. (2010). Metoe Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wanto, H., & Halimah, S. (2018). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Kecerdasan Emosional. Studi Agama Dan MAsyarakat, 14(1), 53–63. https://doi.org/10.23971/jsam.v14i1.perguruan


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i2.716 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional