KEBUTUHAN ILMU MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAMI DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI 4.0

Andi Ujang Yusuf

Abstract


Para praktisi pendidikan Islam harus berupaya maksimal untuk merevitalisasi arah, visi, misi, dan target pendidikan Islam. Karena semua menyadari sebagai anak bangsa yang senantiasa berkomitmen dengan nilai-nilai Islam, banyak mendapati pergeseran-pegeseran nilai Islami tersebut ke arah yang tidak Islami, seperti sekularisme, liberalisme, kominisme, kapitalisme, materialisme, dan lainnya yang sangat jauh dari Islam. Ada beberapa perubahan yang berefek terhadap realita alam pendidikan Islam, antara lain adalah perubahan pada lingkungan internal (dalam negeri) yaitu proses refornasi multi dimensi yaitu sedang menuju masyarakat baru yang demokratis dan terbuka dan juga tuntutan reformasi, seperti lahirnya undang-undang otonomi dan desentralisasi. Kemudian pada lingkungan eksternal (luar negeri), seperti pada tahun 2003 telah diberlakukannya perdagangan bebas di negara-negara ASEAN, pada tahun 2020 juga akan menjadi pasar bebas di kawasan Asia Fasific yang tentu akan berpengaruh kuat terhadap alam pendidikan Islam. Belum lagi adalah efek kemajuan teknologi pada era digital ini para generasi umat menjadi manusia-manusia konsumtif, dan materialis. Efek lain dari kemajuan teknologi, dapat menyebabkan manusia menjadi individualis, kehilangan jati diri, dan nilai spiritual yang semakin renggang dari Tuhannya. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui maksud dengan ilmu manajemen pendidikan yang islami, dan untuk mengetahui yang dibutuhkan ilmu manajemen pendidikan Islami dalam menjawab tantangan tersebut.


References


Dacholfany, I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Era Globalisasi: Sebuah Tantangan dan Harapan. AKADEMIKA, 20(01).

Haris, M. (2019). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Pendidikan. I(1).

Priatmoko, S. (2018). Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0. Ta’lim. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Sumber dari Buku

Al-Attas, M.N. (2001). Islam dan Sekularisme. Bandung: PIMPIN.

Al-Bukhari, M.I. (2007). Shahih Al-Bukhri. Beirut: Dar Al-Kitab Al-‘Arabi.

Al-Hazimi, K.H. (2000). Ushūl Al-Tarbiyah Al-Islāmiyyah. Madinah Al-Munawwarah: Dar ‘Ālam Al-Kutub.

Al-Jundi, A. (1986). Aslamah Al-Manāhij wa Al-‘Ulūm wa Al-Qadhāyā wa Al-Mushthalahāt Al-Katsīrah. Dār Al-I’tishām.

Al-Mubarakfūri, S. Al-Rahmān. (2001). Al-Rahīq Al-Makhtūm. Beirut: Dar Al-Fikri.

Al-Nihlawi, A.R. (2010). Ushūl Al-Tarbiyah wa Asālibuhā fi Al-Baiti wa Al-Madrasah wa Al-Mujtama’. Damaskus.

Al-Syahud, A.N. (2009). Khulāshah fī Ushūl Al-Tarbiyah Al-Islāmiyyah. Malaisia: Dar Al-Ma’mūr.

Bakkar, A.K. (2002). Bina Al-Ajyal. Riyadh: Majallah Al-Bayān.

Hambal, A. (2011). Musnad Imam Ahmad bin Hambal. Damaskus: Mu’assasah Al-Risālah.

Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Musthafā, I. Al-Mu’jam Al-Wasīth. Dār Al-Nasyr.

Nata, A. (2013). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Tafsir, A. (2012). Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Rosda.

https://old.uqu.edu.sa/page/ar/135165

https://old.uqu.edu.sa/page/ar/135168


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i01.688 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional