URGENSI KEPEMIMPINAN GURU YANG KOMPETEN DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Heriyansyah Heriyansyah Manajemen Pendidikan Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/im.v3i01.687

Abstract

Sekolah sebagai penyelenggara pedidikan formal sangatlah penting dan berperan dalam memajukan sumberdaya yang berpendiddikan bagi manusia karena didalamnya terdapat kegiatan proses belajar mengajar yang teratur dan terencana. Agar kegiatan proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, maka harus ada pemimpin yang dapat mengatur dan mengelola kegiatan proses belajar mengajar, yaitu guru yang kompeten yang mengambil peran tersebut. Dalam pembangunan di bidang pendidikan, tuntutan kepemimpinan di sekolah dalam pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar menjadi keharusan, sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan keberhasilan prestasi belajar siswa. Salah satu dalam fungsi manajemen dalam melaksanakan kepemimpinan seorang guru dalam kompetensi mengajar adalah dengan melaksanakan fungsi pergerakan agar peserta didik dapat menerima pengajaran yang baik, yang merupakan bagian dari fungsi manajemen.

References

Arijulmanan. (2013). Pendidikan Islam Berbasis Tauhid. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Heriyansyah. (2018) Guru Adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1).

Maya, R. (2016). Revitalisasi Keteladanan dalam Pendidikan Islam: Upaya Menjawab Peluang Tantangan Pendidikan Islam di Era Masyarakat ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 05(09).

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(02).

Maya, R. dan Lesmana, I. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).

Sumber dari Buku

Departemen Agama RI. (2011). Al-Qur’an dan Terjemah. Jakarta: Cahaya Qur’an.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (2015) Proyek Peningkatan kemampuan Pengelolaan teknik Pendidikan.

Djamarah, S.B. (2004). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Purwanto, M. Ngalim, dkk. (2015). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kencana Prenada Media Group.

Siagian, Sondang, P. (2006). Filsafat Administrasi. Jakarta: Haji Masagung.

Sukarma, (2010). Administrasi Negara. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wahjosumidjo. (2001). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakrta: PT RajaGrafindo Persada.

Wibowo, A.J., dkk, (2002). Asas-asas Manajemen. Jakarta: Fokus Media.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2005). Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Fokus Media.

Usman, M.U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Published

2020-01-29

How to Cite

Heriyansyah, H. (2020). URGENSI KEPEMIMPINAN GURU YANG KOMPETEN DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(01), 77–92. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.687

Issue

Section

Artikel

Citation Check