KEPEMIMPINAN MENURUT PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMBENTUK BUDAYA ORGANISASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI

Muslim Muslim

Abstract


Makalah ini bertujuan menjelaskan akan pandangan Islam tentang kepemimpinan dalam membentuk budaya yang baik pada sebuah organisasi dan pengaruh keteladanan pemimpin terhadap peningkatan kinerja seorang pegawai dalam mengemban amanah pekerjaan. Kerangka yang ingin disampaikan dalam makalah ini ada dalam beberapa poin berikut; konsep dan pandangan Islam tentang kepemimpinan, pemimpin sebagai pencipta budaya dalam lingkungan organisasi, pemimpin sebagai teladan dan pengaruhnya dalam meningkatkan kinerja pegawai. Makalah ini menyimpulkan bahwa pemimpin yang benar-benar menjalankan tuntunan dan ajaran Islam dalam kepemimpinanannya, akan mampu menciptakan budaya yang baik dalam lingkungan organisasinya dan mempengaruhi kinerja pegawai. Sebuah makalah konseptual dalam melihat hubungan kepemimpinan yang islami dengan budaya organisasi dan pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja pegawai

References


Ansor, A.S. (2014). Manajemen Pendidikan Islam tentang Kepemimpinan Kiai di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Cipondah Tangerang. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(06).

Ginanjar, M.H., dan As-Surur, M. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Karawang Jawa Barat. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(02).

Heriansyah. (2018). Guru adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(01).

Muslim. (2018). Kompetnsi Guru, Budaya Organisasi dan Pelayanan terhadap Kepuasan Orang Tua Murid pada Sekolah Menengah Atas Islam HASMI Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(01).

Sarifudin. (2019). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(01).

Wahidin, U. (2013). Peran Budaya Organisasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Pembangunan Masyarakat, Negara dan Bangsa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).

Sumber dari Buku

Nawawi, I. (2006). Riyadhus Shalihin. Jilid 1. Surabaya: Duta Ilmu.

Abdul Karim, Z. (2010). Fikih Sirah (Mendulang Hikmah dari Sejarah Kehidupan Rasulullah Shallaallahu Alaihi wa Sallam). Jakarta: Darus Sunnah Press.

Hafidhudin, D. Dan Tanjung, H. (2003). Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.

Lajnah Ilmiyah Hasmi. (2010). Silsilah Tarbiyah Sunniyyah, Tugas dan Tujuan. Bogor: Hasmi.

Danim, S. (2004). Motivasi, Kepemimpinan dan Efektifitas Kelompok. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

P. Darsono. (2009). Budaya Organisasi: Kajian Organisasi Bisnis, Ekonomi, Sosial, Pendidikan, dan Politik. Jakarta: Nusantara Consulting.

Thoha, M. (2003). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i01.686 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional