IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 DALAM MENINGKATKAN MUTU PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KETERAMPILAN SISWA

Dwi Fitri Ani, Wulan Septi Putri, Zulfa Hidayatul Khoiriyah

Abstract


Kurikulum merupakan sebuah hal yang penting didalam melakukan manajemen sekolah, tanpa kurikulum semua kegiatan belajar mengajar di sekolah tidak akan berjalan  sesuai dengan apa yang di tujukan. Dewasa ini di Indonesia sudah menerapkan kurikulum 2013sebagai bahan panutan dalam melakukan pembelajaran, tetapi terlepas dari itu kurikulum itu sendiri masih memiliki berbagai macam problematika bagi peserta didik. Diantara problem tersebut mengarah pada perkembangan kurikulum yang saat ini  belum berorientasi pada kepentingan peserta didik atau peserta didik sebagai subjek (child orientation), tetapi kurikulum dikembangkan kearah peserta didik yang masih menjadi objek,  serta beban belajar yang dirasa dianggap terlalu berlebih bagi peserta didik yang membawa pengaruh bagi perkembangan peserta didik. Tujuan penelitian ini  adalah untuk mengkaji bagaimana kurikulum 2013 tersebut dapat membawa pengaruh terhadap perkembangan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di salah satu sekolah menengah atas di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif yang bersumber dari wakil kepala/waka kurikulum di salah satu Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta.


References


Ana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media

Farid Firmansyah.“Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”. Jurnal Tadrîs. Vol. 2, No. 1,(2007).

Machali, Imam. 2014. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045”. Jurnal Pendidikan Islam volume IIII, Nomor 1. Yogyakarta

Manab, Abdul. 2015. Menejemen Kurikulum Pembelajaran di Madrasah. Yogyakarta: Kalimedia

Muhammad Zaini. “Pengembangan Kurikulum”. Jurnal TERAS. (2009)

Nana Syaodih Sukmadanita, penegmabangan kurikulum (teori dan praktik), Rosda Bandung, 2017.

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Rosda Bandung, 2017.

Pardomuan Nauli Josip Mario Sinambela. “Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran”. Jurnal Generasi Kampus, Vol. 6, No. 2, (2013).

Yusrizal Efendi.“Prospek Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia”.Jurnal Transport, Vol. 1, No.1 (2015).

Zainal Abidin, konsep dan model pengembangan kurikulum , Remaja rosdakarya, Bandung, 2011.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v3i01.649 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional