Strategi Kewirausahaan Yayasan Guna Meningkatkan Sumber Pembiayaan Pendidikan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi, penerapan strategi, dan bentuk Pengendalian yayasan dalam meningkatkan sumber pembiayaan pendidikan melalui wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Daarul Fath Pengging Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Wawancara, 2) Observasi, dan 3) Analisis dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah ketua dan bendahara yayasan Al Fath, sedangkan informan adalah direktur pondok pesantren, pengelola wirausaha, dan alumni pesantren. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data dengan model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan untuk memulai program kewirausahaan di antaranya penguatan visi-misi, pemantapan tujuan, studi kelayakan, penunjukan dan penetapan pengelola wira usaha serta penghitungan dan penyiapan modal 2) pelaksanaan program kewirausahaan, ketua yayasan menjalankan tugas dalam mengelola dan mengembangkan wirausaha sebagai berikut : a) menjalankan fungsi manajemen. b) menjalankan etika bisnis c) menjunjung tinggi tujuan pesantren. 3) pengendalian dilakukan melalui penetapan indikator pencapaian dan laporan berkala serta melakukan diskusi bersama pengurus yayasan dan team manajemen pondok pesantren 4) dampak program kewirausahaan meliputi peningkatan sumber pembiayaan, peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat serta kesempatan para santri belajar wirausaha
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Blocker. (2001). Manajemen Biaya dengan tekanan Strategic. Jakarta: Salemba.
Bukhari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Depag RI. (2003). Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1986). Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta.
Dumm, W. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: UGM Press.
Fatah, Nanang. (2000). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fatah, Nanang. (2004). Standar Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Harsono. (2007). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan . Yogyakarta: Pustaka Book
Mastuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pendidikan. Jakarta: INIS.
Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah. Jakarta: Ruzz Andi.
Mulyasa, E. (2007). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor, H. F. (2007). Ekonomi Manajerial. jakarta: PT Raja Grafindo.
Rasjid, C. (2001). Tujuan Sosial Yayasan Dan Kegiatan Usaha Bertujuan Laba. Bandung: PT. Citra Ditya bakti.
Rohiat. (2010). Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktik (27 ed.). Bandung: PT. Refika Aditama.
Soeroredjo, H. (1989). Status Hukum dari Yayasan dalam kaitannya dengan Penataan Badan-badan Usaha di Indonesia.
Suharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sumarni. (2018). Peran dan Fungsi yayasan dalam pengelolaan Pendidikan. Jurnal penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan .
Sunarto. (2005). MSDM Strategik. Yogyakarta: Annas.
Sunarya, A. (2013). Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Wijayanto. (2012). Pengantar Manajemen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama .
Zainal Arifin . (2011). Penelitian Pendidikan . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zamakhsyari Dhofier. (1983). Tradisi Pesantren. Jakarta: LPES.
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.