PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMK TARUNA KARYA 2 KARAWANG

Rahma Dilla Zainuri, Siti Masruroh

Abstract


Tujuan Pennelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membangun etika, nilai dan karakter peserta didik sehingga bisa mencetak dan membentuk generasi yang memiliki kepribadian yang baik. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian siswa-siswi SMK Taruna Karya 2 Karawang Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dengan cara melalui observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini peneliti berharap agar dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi semua pihak yang terkait, terutama bagi siswa, memberikan motivasi bahwa belajar dengan membangun karakter siswa itu menyenangkan serta siswa dapat memperaktekannya dalam kehidupan sehari-hari, Bagi sekolah, sebagai masukan yang konstruktif dalam mengelola program pendidikan karakter di sekolah dan menjadi bahan sekaligus referensi bagi kepala sekolah, guru, komite sekolah dan seluruh warga sekolah dalam mengembangkan pendidikan karakter di sekolah.


Keywords


Guru, Karakter, Siswa

References


Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Darajat, Zakiah, dkk. (1996). Metode Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hafizh, M. Nur. (1998). Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: al-Bayan.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujib, Abdul. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Zakiah Darajat, dkk. (1996). Metode Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

W.J.S Poerwodarminto. (1991). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Abuddin Nata. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Mukhtar. (2003). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: CV. Misika Anak Galiza.

Armai Arief. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodelogi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Ahmad Tafsir. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

M. Nur Hafizh. (1998). Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: al-Bayan.

Teuku Ramli Zakaria. (2000). Pendekatan-Pendekatan Pendidikan Nilai dan Implementasinya dalam Pendidikan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 026: 493-494.

Lexy J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Ros


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v6i01.4023 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional