MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MEREALISASIKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 2013 (KURTILAS) DI SMK WIRADIKARYA CISEENG BOGOR

Arief Rachman Badrudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan sekolah dalam mendukung implementasi Kurikulum 2013 (Kurtilas) dan mengetahui kendala-kendalanya dalam merealisasikan Kurtilas tersebut di SMK Wiradikarya Ciseeng Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Perpustakaan sekolah yang diselenggarakan di tingkat sekolah berfungsi untuk mendukung tercapainya tujuan dari proses pembelajaran dan menumbuhkan minat baca peserta didik sehingga tumbuh kesadaran untuk dapat belajar mandiri. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Implementasi dan pengembangan Kurtilas sangat membutuhkan sumber-sumber informasi penting dalam proses pembelajaran bagi peserta didik terutama perpustakaan. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa pengelolaan perpustakaan di SMK Wiradikarya Ciseeng Bogor cukup mendukung dalam merealisasikan Kurikulum 2013 (Kurtilas) terutama dalam mencapai tujuan pembelajaran di sekolah, namun pengelolaan sarana perpustakaan saat ini lebih diprioritaskan pada penyediaan koleksi bahan pustaka, penyediaan dan penataan ruang baca pengunjung dan adanya penataan koleksi buku dengan baik serta adanya tenaga pustakawan yang ahli dalam bidangnya. Adapun kendala yang dihadapi perpustakaan SMK Wiradikarya dalam mendukung realisasi Kurikulum 2013 di antaranya; sumber daya manusia, sarana, dan prasarana serta keterbatasan dana.

References


Ajisaka. (2013). Prinsip-Prinsip Dasar Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Atmodiwirio, S. (2005). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya.

Azwar, M. (2013). Membangun Sistem Otomasi Perpustakaan dengan Senayan.

Badan Nasional Standar Pendidikan. (2006). Penyusun KTSP Kabupaten/Kota: Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Bafadal, I. (2011). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Ginanjar, M.H. (2012). Reformasi Pendidikan dan Strategi Pembaharuan Sistem Pendidikan Nasional di Era Global. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01).

Ginanjar, M. H. (2017). TANTANGAN DAN PELUANG LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08), 17.

Hartono. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.

Martoatmojo, K. (2009). Pelayanan Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka.

Prastowo, A. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v2i01.376

Article Metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.