PENGARUH PEMBERDAYAAN GURU TERHADAP LOYALITAS GURU DI MAN 4 JAKARTA

Ervita Medina, Hasyim Asyari, Muhammad Syukur

Abstract


Pemberian kesempatan bagi guru untuk berperan aktif pada tiap kegiatan sekolah merupakan salah satu cara sekolah agar guru dapat meningkatkan kesetiaan untuk bertahan pada profesinya, karena adanya kepercayaan yang diberikan kepala sekolah bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dalam berkarier. Pemberdayaan guru menjadi cara kepala sekolah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menyelesaikan banyaknya tugas di sekolah. Dengan adanya pemberdayaan juga meningkatkan motivasi kerja agar terciptanya peningkatan dalam menyelesaikan segenap tanggung jawab guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data empiris tentang pengaruh pemberdayaan guru terhadap loyalitas guru di MAN 4 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan analisis regresi linear sederhana dan pengambilan sampel berdasarkan teknik simple random sampling dengan penentuan jumlah sampel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara tertutup, dan studi dokumentasi. Angket disebar kepada 84 guru dengan menggunakan bentuk pilihan skor skala likert, yakni 4 alternatif jawaban, sedangkan wawancara dan studi dokumentasi hanya sebagai teknik pelengkap dalam pengumpulan data. Berdasarkan pengolahan data perhitungan IBM SPSS Ver. 22, hasil pengujian korelasi (uji-r) menunjukkan rhitung bernilai positif sebesar 0,642 dan rtabel sebesar 0,213 dengan signifikansi sebesar 0,000. Dengan hasil pengujian  rhitung > rtabel dan signifikansi < 0,05, maka terdapat hubungan yang signifikan antara pemberdayaan guru terhadap loyalitas guru dalam tingkatan kuat dan searah. Hasil perhitungan regresi sederhana menghasilkan angka koefisien regresi sebesar 1,980 yang diinterpretasikan bahwa pemberdayaan guru berpengaruh positif terhadap loyalitas guru. Pada perhitungan koefisien determinasi, diketahui pengaruh pemberdayaan guru terhadap loyalitas guru sebesar 41,2%, sementara sisanya 58,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : Pemberdayaan, Loyalitas, Guru


References


Darma, Budi. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: Guepedia.

Irianto, Agus. (2021). Statistik untuk Ilmu Sosial: Aplikatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Cet. ke-12. Ed. ke-5. Jakarta: Kencana.

Kaswan. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Cet. ke-1. Ed. ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Masharyono. (2015). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan “Pengaruh Job Characteristics terhadap Semangat Kerja Pegawai (Survey pada Pegawai PNS di Lingkungan Disparbud Jabar)”. Vol. 3. No. 3. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Sumber: https://docplayer.info/52397715-Pengaruh-job-characteristics-terhadap-semangat-kerja-pegawai-survey-pada-pegawai-pns-di-lingkungan-disparbud-jabar.html. Diakses pada Sabtu, 02 Oktober 2021, Pukul 14.00 WIB.

Mehta, Cyrus R. and Nitin R. Patel. (2010). IBM SPSS Exact Tests. Massachusetts: Harvard School of Public Health Cambridge.

Risdiana, Faraniena Yunaeni. (2019). Statistik Sosial. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Ritonga, Imelda L., dkk. (2015). Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA “Hubungan antara Sistem Pemberdayaan dan Penghargaan terhadap Loyalitas Dosen di Akademi Keperawatan Swasta Kota Medan”. Vol. 1. No. 1. Medan: Universitas Negeri Medan. Sumber:https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN/article/view/437/418. Diakses pada Sabtu, 25 September 2021, Pukul 13.10 WIB.

Rivai, Veithzal dan Syilviana Murni. (2009). Education Management “Analisis Teori dan Praktik”. Ed. ke-1. Jakarta: Rajawali Pers.

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Cet. ke-5 (Edisi Revisi). Bandung: PT Refika Aditama.

Silaen, Sofar dan Widiyono. (2013). Metodologi Penelitian Sosial untuk Kepenulisan Skripsi dan Thesis. Jakarta: In Media.

Supranto, J. dan Nandan Limakrisna. (2013). Petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah untuk Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Ed. ke-3. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Susanto, Ahmad. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru (Konsep, Strategi, dan Implementasinya), Cet. ke-1. Ed. ke-1. Jakarta: Kencana.

Ulfatin, Nurul dan Teguh Triwiyanto. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-Undang. (2003). Republik Indonesia No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang. (1999). Republik Indonesia No. 43 Tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 8 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Pegawaian.

Us, Kasful Anwar. (2021). Budaya Pesantren Telaah Kepuasan Kerja Guru. Jambi: Penerbit Lakeisha.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Cet. ke-12. Ed. ke-5. Depok: Rajawali Pers.

Widiasworo, Erwin. (2020). 101 Kesalahan Guru dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Araska Publisher.

Winbaktianur dan Santi Anggraini. (2017). Jurnal Psikologi Islam Al-Qalb Jilid 9 “Hubungan Kompensasi dengan Loyalitas Guru SMK Muhammadiyah 1 Padang”. Ed. ke-1. Padang: UIN Imam Bonjol Padang. Sumber: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alqalb/article/view/871/693. Diakses pada Minggu, 03 Oktober 2021, Pukul 16.14 WIB.

Zakariah, M. Askari dan Vivi Avriani. (2021). Analisis Statistik dengan SPSS untuk Penelitian Kuantitatif. Cet. ke-1. Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v6i01.3740 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional