PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SMP HASMI ISLAMIC BOARDING SCHOOL TAMANSARI BOGOR

Muslihat Muslihat, Muhammad Hidayat Ginanjar

Abstract


Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) sering dilakukan dalam suatu organisasi, begitupun dalam pendidikan. Kegiatan pengelolaan sumber daya manusia dimulai dari perekrutan atau pengadaan, penempatan dan penugasan, pemeliharaan, pembinaan dan pengembangan. Pada intinya, manajemen SDM merupakan suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Manajemen SDM dapat didefinisikan pula sebagai suatu pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya pada individu (pegawai). Pengelolaan dan pendayagunaan tersebut dikembangkan secara maksimal di dalam dunia kerja untuk mencapai tujuan organisasi dan pengembangan individu pegawai. Fokus penelitian ini mengkaji gambaran umum pengelolaan SDM pendidikan di SMP Hasmi Islamic Boarding School Tamansari Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Fokus masalah penelitian dikembangkan menjadi beberapa subfokus, dengan hasil penelitian antara lain: 1) Sistem perekrutan sumber daya manusia sudah cukup baik; 2) Sistem penempatan SDM pendidikan  cukup memadai; 3) Sistem pemeliharaan SDM pendidikan cukup baik dan efektif; dan 4) Sistem pengembangan SDM pendidikan di SMP Islam Hasmi cukup baik.

References


Abdul, M.J. (2009). Rahasia Sukses Manajemen Rasulullah. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Alma, B., dan Hurriyati, R. (2008). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan: Fokus pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta.

Nurdin, I.B. (2018). Faktor-faktor Motivasi Kerja pada Karyawan Lembaga Huda Group di Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Islamic Manajemen, Vol.1, (1).

Christopher, E, dan Rekha, J. (2010). How effective is Man Power Planning in reducing Labour Turnover in Information Technology Enabled Services Organization. Asian Journal of Management Research.

Ginanjar, M. H. (2017). TANTANGAN DAN PELUANG LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(08), 17.

Ginanjar, M. H., Assurur, M., Wahidin, U., & Priyatna, M. (2018). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 KARAWANG JAWA BARAT. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 207-232.

Ginanjar, M.H. dan Maya, R. (2018). Evaluasi Program Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMA HASMI Islamic Boarding School Bogor Jawa Barat. Prosiding: The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 1(1).

Maya, R., & Lesmana, I. (2018). PEMIKIRAN PROF. DR. MUJAMIL QOMAR, M. AG. TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 291-316.

Nuryanta, N. (2008). Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Tinjauan Aspek Rekrutmen dan Seleksi). el-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, Universitas Islam Indonesia, 1(1).

Prabu, A.M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v2i01.373 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.