MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH BERBASIS PESANTREN DI MI AL-KHUDAMAT SUMEDANG
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat cepat menyebabkan pergeseran moral anak-anak sangat mudah terpengaruh dengan perilaku negatif. Pendidikan Agama menjadi sebuah usaha untuk menjaga anak-anak dari terpengaruhinya oleh perilaku yang dilarang oleh Agama. Pelaksanaan Pendidikan Agama selalu dikaitkan dengan madrasah dan pesantren, kedua tempat tersebut menjadi kunci keberhasilan anak yang seimbang antara tujuan dunia dan akhirat. Madrasah dan pesantren sudah seharusnya terintegrasi dalam suatu lembaga sehingga pembelajaran bisa secara penuh dalam membentuk akal dan akhlak yang baik. Oleh karena itu artikel ini mendeskripsikan manajemen kurikulum madrasah berbasis pesantren yang mana dalam hal ini madrasah Ibtidaiyah al-Khudamat menjadi objek kajian penelitian. Hal yang menjadi focus kajiannya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan evaluasi kurikulum madrasah tersebut. Melalui observasi wawancara dan dokumentasi diperoleh bahwa madrasah ibtidayiah al-Khudamat melakukan manajemen kurikulum madrasah diintegrasikan dengan pesantren yang dikelola dengan baik
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Z. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Athallah, A. M. (2022, Desember). Pengelolaan Kurikulum Terintegrasi di SMP An-Naja Boarding School Bandung Barat. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.7.
Badrudin, Purwanto, Y., & Siregar, C. N. (2017). Pesantren dalam Kebijakan Pendidikan Indonesia. Jurnal Lektur Keagamaan, Vol.15, 233-272.
Erlina, E. (2016). Manajemen Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Lebong. Jurnal Manajer Pendidikan.
Handoko, H. (2001). Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Ilham, D., & Suyatno, S. (2020, September). Pengembangan Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran di pondok pesantren. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 8, 186-195.
Ilmah, N. (2018). Manajemen Kurikulum Integratif (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Sidoarjo). Jurnal Manajemen Pendidikan.
Maryam, S. (2020). Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Full Day School dalam Penanaman Budaya Pesantren di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA.
Mujiati, S. H., Rita, S., & Handayani, S. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum dalam Mewujudkan Pendidikan Bermutu di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Purbalingga. Ejournal Cakrawla.
Nasbi, I. (2017). Manajemen Kurikulum : Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah.
Noerlitasari, Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2018). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran SD Solihudin School Thailand. Attadib Journal.
Priatna, T. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Insan Mandiri.
Rouf, M. (2016). Manajemen Kurikulum Intergratif Madrasah - Pesantren (Studi Multisitus di MAN 1 Malang dan Madrasah Terpadu MAN 3 Malang). Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman.
Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sintasari, B., & Fitria, N. (2021). Manajemen Kurikulum Berbasis Madrasah di MTs Bahrul Ulum Gadingmangu Perak Jombang. Urwatul Wutsqo.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2020). Implementasi Manajemen Madrasah Unggul Berbasis Kurikulum Pesantren MI Qudsiyyah Kudus. Jurnal Quality, Volume 8, 359-376.
Syafaruddin, A. (2017). Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing.
Zulfa, N. C., & Pardjono. (2013). Manajemen Kurikulum Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN 1 Surakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan.
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.