EFEKTIVITAS MANAJEMEN DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v6i01.3445Keywords:
Manajemen Kelas, Mind Mapping, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Manajemen kelas lebih dikenal dengan pengelolaan kelas yang dapat mengorganisasikan segala sumber daya kelas agar terciptanya pembelajaran yang efektif dan efisien. Pendidik dituntut agar kreatif dan inovatif dalam menerapkan model pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal. Metode Mind Mapping dapat dijadikan sebagai upaya efektif untuk mengatasi persoalan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil belajar yang dianalisis melalui analisis deskriptif dengan langkah-langkah berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini dibuktikan dengan meningkatnya rata- rata hasil belajar siswa dari 57,5 menjadi 74,2 dan ketuntasan klasikal yang telah dicapai oleh siswa juga meningkat dari 41,3% menjadi 79,3% dengan total 23 siswa yang nilainnya mencapai KKM, sedangkan pada penilaian siklus I hanya 12 siswa yang nilainya mencapai KKM. Dari hasil rekapitulasi mencapai KKM dan presentase ketuntasan klasikal hasil belajar berkategori baik.
References
Arikunto, S. 2007. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asrori, M. 2019. Penelitian Tidakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.
Buzan, T. 2020. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Danim, Sudarman. 2022. Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hamdayama, J. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. 2014. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Komara, E. 2012. Penelitian Tindakan Kelas dan Peningkatan Profesionalitas Guru. Bandung: PT Refika Aditama.
Kurniawati, D. D. 2010. Pengaruh Metode Mind Mapping dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengentahuan Sosial pada Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/ 2010. Skripsi pada UMS, Surakarta: Tidak dipublikasikan
Mulyatiningsih, E. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nawai, Hadari. 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: CV Haji Mas Agus.
Semiawan, Conny. 1990. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa Belajar. Jakarta: Gramedia.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruz Media.
Soeharto, Karti. 1995. Komuniksi Pembelajaran. Surabaya: SIC.
Sudjana, N. 2020. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).