KURIKULUM MERDEKA DALAM DEMOKRATISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Dadan Mardani, Iis Susiawati, Nur Sab'rina Fathimah

Abstract


Kurikulum dalam pendidikan menjadi keniscayaan untuk terus dievaluasi secara berkala, dinamis, inovatif, berkesesuaian dengan kemajuan dan perkembangan IPTEK, serta kebutuhan pengguna lulusan dan masyarakat, antara lain bersamaan dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Demokratisasi pendidikan Islam yang memiliki indikator terbuka, rasional, jujur, dan menaati aturan yang telah disepakati bersama, dituntut untuk merefleksi dan mengevaluasi konstruksi pendidikan agar secara komprehensif dapat merealisasikan diri sebagai agen perubahan dengan tetap memegang teguh identitas Islam dalam mentransmisikan ilmu keislaman, memelihara kesakralan tradisi keislaman, dan melahirkan ulama yang intelek. Studi literatur ini mencari sumber data dengan tujuan untuk mendeskripsikan fakta dan fenomena yang terjadi seiring dengan perubahan kurikulum yang diterapkan di dunia pendidikan sekarang ini. Hasil yang ditemukan antara lain: a) Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjujung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa, b) Demokratisasi pendidikan Islam meliputi kebebasan pendidik dan peserta didik, persamaan terhadap peserta didik, dan penghormatan akan martabat individu, d) Pendidikan dan pengajaran dalam Islam memiliki prinsip demokrasi dan kebebasan dari pihak pelaksana pendidikan sehingga hal ini berdampak langsung pada kurikulum, efektivitas pembelajaran, dan efesiensi administrasi.

 

Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Demokratisasi Pendidikan Islam


Keywords


Kurikulum Merdeka, Demokratisasi Pendidikan Islam

References


Ahmad Suryadi, Muljono Damopoli, dan Salahuddin. (2021). Modernisasi dan Demokratisasi Pendidikan Islam Menurut Fazlur Rahman. Rumah Jurnal, 2(1), 31–43. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jpk/article/view/22545/11816

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 1(2), 48–58. https://media.neliti.com/media/publications/226468-sejarah-kurikulum-di-indonesia-studi-ana-bac69203.pdf

Ali Miftakhu Rosyad dan Muhammad Anas Ma`arif. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi dan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491

Ayu Lestari. (2022). Demokrasi Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasinya. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8(2), 28–42. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/233/178

Dasep Bayu Ahyar. (2019). Analisis Teks dalam Penelitian Kebahasaan (Sebuah Teori dan Aplikatif). Shaut Al-‘Arabiyah, 7(2), 100–120. https://doi.org/10.24252/saa.v7i2.10273

Deni Sopiansyah, Siti Masruroh, Qiqi Yuliati Zaqiah, Mohamad Erihadiana. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/458

Fortunatus Hamsah Manah. (2022). Pendidikan Demokratis. Kompas.Com.

Iis Susiawati dan Hasyim Fanirin. (2020). Arabic Learning at Madrasah Aliyah Based on the 2013 Curriculum. Jurnal Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 251–263. https://doi.org/10.15408/a.v7i2.17444

Iis Susiawati, Zulkarnain, Wiena Safitri, dan Dadan Mardani. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (Tinjauan pada Kompetensi Guru dan Model Pembelajaran). El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 21(1), 101–116. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/4757

Juliati Boang Manalu, Pernando Sitohang, Netty Heriwati Henrika Turnip. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Kemendikburistek. (2022). Merdeka Belajar Terus Menciptakan Terobosan Pendidikan Indonesia. https://pmpk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar-terus-menciptakan-terobosan-pendidikan-indonesia

Maman Suryaman. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional. Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Bengkulu. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357

Mestika Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Mira Marisa. (2020). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di era Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 1–9. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317/903

Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Sarwiji Suwandi. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Prosiding Seminar Daring Nasional. Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Bengkulu. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356

Siti Romlah. (2018). Demokrasi Pendidikan Islam. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 13(2), 1–11. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/3252


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v6i01.3310 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional