KURIKULUM MERDEKA DALAM DEMOKRATISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
Abstract
Kurikulum dalam pendidikan menjadi keniscayaan untuk terus dievaluasi secara berkala, dinamis, inovatif, berkesesuaian dengan kemajuan dan perkembangan IPTEK, serta kebutuhan pengguna lulusan dan masyarakat, antara lain bersamaan dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Demokratisasi pendidikan Islam yang memiliki indikator terbuka, rasional, jujur, dan menaati aturan yang telah disepakati bersama, dituntut untuk merefleksi dan mengevaluasi konstruksi pendidikan agar secara komprehensif dapat merealisasikan diri sebagai agen perubahan dengan tetap memegang teguh identitas Islam dalam mentransmisikan ilmu keislaman, memelihara kesakralan tradisi keislaman, dan melahirkan ulama yang intelek. Studi literatur ini mencari sumber data dengan tujuan untuk mendeskripsikan fakta dan fenomena yang terjadi seiring dengan perubahan kurikulum yang diterapkan di dunia pendidikan sekarang ini. Hasil yang ditemukan antara lain: a) Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjujung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa, b) Demokratisasi pendidikan Islam meliputi kebebasan pendidik dan peserta didik, persamaan terhadap peserta didik, dan penghormatan akan martabat individu, d) Pendidikan dan pengajaran dalam Islam memiliki prinsip demokrasi dan kebebasan dari pihak pelaksana pendidikan sehingga hal ini berdampak langsung pada kurikulum, efektivitas pembelajaran, dan efesiensi administrasi.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Demokratisasi Pendidikan Islam
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad Suryadi, Muljono Damopoli, dan Salahuddin. (2021). Modernisasi dan Demokratisasi Pendidikan Islam Menurut Fazlur Rahman. Rumah Jurnal, 2(1), 31–43. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jpk/article/view/22545/11816
Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 1(2), 48–58. https://media.neliti.com/media/publications/226468-sejarah-kurikulum-di-indonesia-studi-ana-bac69203.pdf
Ali Miftakhu Rosyad dan Muhammad Anas Ma`arif. (2020). Paradigma Pendidikan Demokrasi dan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Indonesia. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 75–99. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.491
Ayu Lestari. (2022). Demokrasi Pendidikan Islam: Konsep dan Implementasinya. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 8(2), 28–42. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/233/178
Dasep Bayu Ahyar. (2019). Analisis Teks dalam Penelitian Kebahasaan (Sebuah Teori dan Aplikatif). Shaut Al-‘Arabiyah, 7(2), 100–120. https://doi.org/10.24252/saa.v7i2.10273
Deni Sopiansyah, Siti Masruroh, Qiqi Yuliati Zaqiah, Mohamad Erihadiana. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/458
Fortunatus Hamsah Manah. (2022). Pendidikan Demokratis. Kompas.Com.
Iis Susiawati dan Hasyim Fanirin. (2020). Arabic Learning at Madrasah Aliyah Based on the 2013 Curriculum. Jurnal Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(2), 251–263. https://doi.org/10.15408/a.v7i2.17444
Iis Susiawati, Zulkarnain, Wiena Safitri, dan Dadan Mardani. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (Tinjauan pada Kompetensi Guru dan Model Pembelajaran). El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 21(1), 101–116. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/4757
Juliati Boang Manalu, Pernando Sitohang, Netty Heriwati Henrika Turnip. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1, 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Kemendikburistek. (2022). Merdeka Belajar Terus Menciptakan Terobosan Pendidikan Indonesia. https://pmpk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar-terus-menciptakan-terobosan-pendidikan-indonesia
Maman Suryaman. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional. Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Bengkulu. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357
Mestika Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Mira Marisa. (2020). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di era Society 5.0. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 1–9. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317/903
Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.
Sarwiji Suwandi. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Prosiding Seminar Daring Nasional. Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Bengkulu. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356
Siti Romlah. (2018). Demokrasi Pendidikan Islam. PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, 13(2), 1–11. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/3252
Article metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.