PEMIKIRAN PROF. DR. MUJAMIL QOMAR, M.AG. TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Rahendra Maya, Iko Lesmana

Sari


Artikel ini mengkaji pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. yang secara tegas menyatakan bahwa keberhasilan pendidikan Islam dalam tataran realitas-ekspektasional salah satunya adalah ditentukan oleh manajemen pendidikan Islam yang berfungsi menjalankan tugas memajukan penyelenggaraan, pelaksanaan atau penerapan pendidikan Islam secara kelembagaan. Di antara pemikiran Qomar tentang manajemen pendidikan Islam yang bernas dan patut mendapatkan telaah mendalam adalah tentang hakikat manajemen pendidikan Islam dan impilkasinya, objek filosofis dan praksis serta dimensi dari manajemen pendidikan Islam, ciri dan karakteristik manajemen pendidikan Islam, perbedaan antara manajemen pendidikan Islam dan manajemen pendidikan, serta tentang eksistensi dan hambatan manajemen pendidikan Islam. Pemikiran Qomar tersebut dapat digali dengan jelas dalam tiga karyanya, yaitu Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Dimensi Manajemen Pendidikan Islam, dan Strategi Pendidikan Islam, serta karya-karya lainnya yang tidak berkaitan langsung dengan pembahasan manajemen pendidikan Islam.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Jawwad, M. (2004). Menjadi Manajer Sukses. Jakarta: Gema Insani.

Arif, Mahmud. (2008). Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Badaruddin, K. (2009). Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Pemikiran Prof. Dr. Syed Muhammad Al-Naquib Al-Attas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa: Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hassân, H. Muhammad. (1414 H.). Wasâ‘il Muqâwamah Al-Ghazw Al-Fikrî li Al-’Âlam al-Islâmî. Mekkah: Mathâbi’ Râbithah Al-’Âlam Al-Islâmî.

Jalaluddin dan Said, U. (1999). Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Khirrîjî, M. ’Abd Al-’Azîz Al-. (1420 H.). Al-Ghazw Al-Fikrî li Al-Ummah Al-Islâmiyyah: Mâdhîhi wa Hâdhiruhu. Riyadh: Dâr Al-Shamai’î.

Kîlânî, M. ’Irsân Al-. (1987). Falsafah Al-Tarbiyah Al-Islâmiyyah: Dirâsah Muqâranah baina Falsafah Al-Tarbiyah Al-Islâmiyyah wa Al-Falsafât Al-Tarbawiyyah Al-Mu’âshirah. Mekkah: Maktabah Al-Manârah.

Langgulung, H. (2008). Asas-Asas Pendidikan Islam,. Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru.

Machali, I. dan Hidayat, A. (2018). The Hand Book of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Mastuhu. (2003). Menata Ulang Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Jakarta: Safiria Insania Press.

Misdar, M. (2017). Sejarah Pendidikan dalam Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muhaimin. (2009). Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nata, A. (2016). Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nu’mân, M. Shâlih Al-. (1998). Mabâdi‘ Tarbawiyyah fî Âyât A-Nidâ ‘ li Alladzîna Âmanû: Dirâsah Tahlîliyyah. Beirut: Dâr Al-Kutub Al-Tsaqâfiyyah.

Qomar, M. (2006). Epistemologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam Strategi baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Qomar, M. (2012). Kesadaran Pendidikan: Suatu Penentu Keberhailan Pendidikan. Yogyakarta: Arruz Media.

Qomar, M. (2012). Merintis Kejayaan Islam Kedua: Merombak Pemikiran dan Mengembangkan Aksi. Yogyakarta: Teras.

Qomar, M. (2013). Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Qomar, M. (2014). Menggagas Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qomar, M. (2016). Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sanaky, H. AH. (2003). Paradigma Pendidikan Islam Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Yogyakarta: Safiria Insania Press dan Magister Studi Islam Universitas Islam Indonesia.

Sukmadinata, N. Syaodih. (2004). Landasan Psikologis Proses Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.




DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v1i2.281

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##