Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMK Informatika Bina Generasi 3 Bogor

Muhammad Hidayat Ginanjar, Muhammad Rusdan Yazid, Muhamad Syukur

Abstract


Manajemen sumber daya manusia (SDM) pendidik dan tenaga kependidikan adalah hal yang harus diperhatikan pada setiap lembaga pendidikan. Dalam pengelolaan SDM tersebut harus terdapat perencanaan yang matang dan tujuan yang pasti agar pengelolaan dapat berjalan dengan baik dan  kendala yang ada dapat diminimalisir. Pendidikan sangat erat kaitannya dengan manajemen. Ini terlihat dari definisi umum dari pendidikan, yaitu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan harus dilakukan dengan maksimal untuk mencapai tujuan organisasi. Fokus penelitian ini mengkaji gambaran umum sistem tata kelola pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Informatika Bina Generasi 3 Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Fokus penelitian dikembangkan menjadi beberapa subfokus dengan hasil penelitian antaralain: (1) Perencanaan SDM sudah sesuai dengan yang dibutuhkan, (2) Sistem perekrutan dan seleksi SDM yang cukup ketat, (3) Sistem penempatan SDM pendidikan cukup memadai, dan (4) Strategi meningkatkan kualitas SDM masuk katagori cukup baik.


Keywords


management, human resource management, education.

References


Depdiknas. (2018). Pedoman Diklat: Manajemen Pemberdayaan Sumber Daya Tenaga Pendidik dan Kependidikan Sekolah. Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Hurriyati, B. A. dan R. (2009). Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan: Fokus pada Mutu dan Layanan Prima (2nd ed.). Alfabeta.

Jain, E. C. and R. (2010). How effective is Man Power Planning in reducing Labour Turnover in Information Technology Enabled Services Organization. Asian Journal of Management Research, 473–494.

Lesley, K. (2004). Professional Development For Educational Management: Pengembangan Profesional Untuk Manajemen Pendidikan. Grasindo.

Lesmana, R. M. dan I. (2018). Pemikiran prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Manajemen: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 291–316.

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Maya, M. H. G. dan R. (2018). Evaluasi Program Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMA HASMI Islamic Boarding School Bogor Jawa Barat. Prosiding: The 1st Annual Conference on Islamic Education Management (ACIEM), 1(1), 609–624.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK (11th ed.). Remaja Rosdakarya.

Nuryanta, N. (2008). Pengelolaan Sumber Daya Manusia (Tinjauan Aspek Rekrutmen dan Seleksi). El-Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 55–69.

Ramayulis. (2019). Ilmu Pendidikan Islam (15th ed.). Kalam Mulia.

Rusman. (2018). Manajemen Kurikulum. Raja Grafindo Persada.

Siagian, S. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama Ce). Bumi Aksara.

Soenarno, A. (2006). The dinamics of Human Resources: Becoming a True HR Specialist. Grasindo.

Sunhaji. (2008). Manajemen Madrasah (1st ed.). Grafindo Litera Media.

Syarbini, J. J. and A. (2013). Manajemen Madrasah: Teori, Strategi, dan Implementasi (1st ed.). Alfabeta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v5i2.2780 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional