GURU ADALAH MANAJER SESUNGGUHNYA DI SEKOLAH

Heriyansyah Heriyansyah

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini melibatkan dua variabel, yaitu variabel bebas berupa pengaruh
kepemimpinan yang dipelajari melalui dimensi yang meliputi fungsi kepemimpinan
(X1); gaya kepemimpinan (X2); tugas kepemimpinan (X3), dan peran kepemimpinan
(X4) dan variabel terikat dengan itu adalah minat mengajar guru (Y). Penelitian yang
dilakukan berdasarkan metode korelasional untuk mengukur variabel tertentu
berpengaruh terhadap variabel lain. Analisis hasil penelitian menerapkan tingkat
regresi dan korelasi multilepel dan juga parsial. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang
diangkat dan juga kondisi tentang skala pengukuran yang paling sedikit intervalnya
bisa terpenuhi. Disamping itu, data hasil penelitian diuji dengan kondisi normalitas,
karena data yang diambil dengan benar berasal dari populasi yang memiliki
distribusi normal. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antar
variabel. Matte ini terlihat dari; (1) Fungsi kepemimpinan terhadap minat mengajar
guru diperoleh dengan koefisien korelasi sebesar ry1 = 0,2441 atau r? 0,20. Angka
ini menunjukkan bahwa fungsi kepemimpinan berpengaruh terhadap minat
mengajar guru, (2) Gaya Kepemimpinan terhadap minat guru diperoleh korelasi ry2
= 0,2008 atau r? 0,20. Angka ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan
berpengaruh terhadap minat mengajar guru sekolah dasar, (3) Tugas
Kepemimpinan untuk kepentingan mengajar guru diperoleh dengan koefisien
korelasi ry3 = 0,2106 atau r? 0,20. Hal ini menunjukkan bahwa tugas kepemimpinan
berpengaruh terhadap minat mengajar guru, (4) Peran kepemimpinan terhadap
minat mengajar guru, dari hasil analisis dengan menggunakan uji linier sederhana,
yaitu diperoleh nilai regresi Y = 11,74 + 0 , 95x. Sedangkan berdasarkan uji F
diperoleh F hitung 66,56 dan F tabel = 0,00001. Hasil analisis menunjukkan bahwa
peran kepemimpinan terhadap minat mengajar guru. Hasil analisis menunjukkan
bahwa kepemimpinan terhadap minat mengajar guru 36% dipengaruhi oleh peran
kepemimpinan yang kondusif. Hasil analisis mengenai peran kepemimpinan yang
condushif, berdasarkan distribusi frekuensi kualitatif menunjukkan bahwa 64% dari
seluruh guru belum penuh berperan dalam menjalankan kepemimpinannya dalam
menjalankan tugas dan tanggung jawab menjadi kewajibannya. Pada dasarnya
ketika kepemimpinan terdiri dari fungsi, gaya, dan tugas yang dijalankan secara
terarah dan tempur, tidak diragukan lagi dapat menumbuhkan peran kepemimpinan
semua guru sekolah dasar di negara tersebut. Hal ini diketahui dari hasil analisis
koefisien korelasi yang menunjukkan r = 0,6371 dan koefisien determinasi r2 =
0,4059, beban bahwa peran kepemimpinan semua guru terhadap minat mengajar
guru 40,59% dipengaruhi oleh fungsi, gaya, dan tugas kepemimpinan.

Kata Kunci : guru, pemimpin, manajer.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v1i01.218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.