GURU ADALAH MANAJER SESUNGGUHNYA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini melibatkan dua variabel, yaitu variabel bebas berupa pengaruh
kepemimpinan yang dipelajari melalui dimensi yang meliputi fungsi kepemimpinan
(X1); gaya kepemimpinan (X2); tugas kepemimpinan (X3), dan peran kepemimpinan
(X4) dan variabel terikat dengan itu adalah minat mengajar guru (Y). Penelitian yang
dilakukan berdasarkan metode korelasional untuk mengukur variabel tertentu
berpengaruh terhadap variabel lain. Analisis hasil penelitian menerapkan tingkat
regresi dan korelasi multilepel dan juga parsial. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang
diangkat dan juga kondisi tentang skala pengukuran yang paling sedikit intervalnya
bisa terpenuhi. Disamping itu, data hasil penelitian diuji dengan kondisi normalitas,
karena data yang diambil dengan benar berasal dari populasi yang memiliki
distribusi normal. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antar
variabel. Matte ini terlihat dari; (1) Fungsi kepemimpinan terhadap minat mengajar
guru diperoleh dengan koefisien korelasi sebesar ry1 = 0,2441 atau r? 0,20. Angka
ini menunjukkan bahwa fungsi kepemimpinan berpengaruh terhadap minat
mengajar guru, (2) Gaya Kepemimpinan terhadap minat guru diperoleh korelasi ry2
= 0,2008 atau r? 0,20. Angka ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan
berpengaruh terhadap minat mengajar guru sekolah dasar, (3) Tugas
Kepemimpinan untuk kepentingan mengajar guru diperoleh dengan koefisien
korelasi ry3 = 0,2106 atau r? 0,20. Hal ini menunjukkan bahwa tugas kepemimpinan
berpengaruh terhadap minat mengajar guru, (4) Peran kepemimpinan terhadap
minat mengajar guru, dari hasil analisis dengan menggunakan uji linier sederhana,
yaitu diperoleh nilai regresi Y = 11,74 + 0 , 95x. Sedangkan berdasarkan uji F
diperoleh F hitung 66,56 dan F tabel = 0,00001. Hasil analisis menunjukkan bahwa
peran kepemimpinan terhadap minat mengajar guru. Hasil analisis menunjukkan
bahwa kepemimpinan terhadap minat mengajar guru 36% dipengaruhi oleh peran
kepemimpinan yang kondusif. Hasil analisis mengenai peran kepemimpinan yang
condushif, berdasarkan distribusi frekuensi kualitatif menunjukkan bahwa 64% dari
seluruh guru belum penuh berperan dalam menjalankan kepemimpinannya dalam
menjalankan tugas dan tanggung jawab menjadi kewajibannya. Pada dasarnya
ketika kepemimpinan terdiri dari fungsi, gaya, dan tugas yang dijalankan secara
terarah dan tempur, tidak diragukan lagi dapat menumbuhkan peran kepemimpinan
semua guru sekolah dasar di negara tersebut. Hal ini diketahui dari hasil analisis
koefisien korelasi yang menunjukkan r = 0,6371 dan koefisien determinasi r2 =
0,4059, beban bahwa peran kepemimpinan semua guru terhadap minat mengajar
guru 40,59% dipengaruhi oleh fungsi, gaya, dan tugas kepemimpinan.
Kata Kunci : guru, pemimpin, manajer.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).