IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS BOARDING DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI AL WILDAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL TANGERANG

Agus Hari Haryono, Maemunah Sa'diyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan manajemen sekolah berbasis boarding dan peningkatan mutu di Al Wildan Islamic Boarding School. Jenis penelitian berbentuk kualitatif dengan metode deskriptif. Obyek penelitiannya yaitu Kepala Sekolah dan Direktur Pendidikan, bagian kurikulum, bagian kepegawaian, bagian sarana prasarana, bagian kesiswaan, bagian humas, bagian keuangan, dan bagian ketatausahaan. Peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sumber data berupa data primer. Metode menganalisis data terdiri dari 14 kegiatan: pertama, pengumpulan data dan melakukan reduksi data, Kedua, data disajikan dalam bentuk narasi. Ketiga, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen sekolah berbasis boarding di Al Wildan Islamic Boarding School Tangerang sudah berjalan dengan baik. Perpaduannya terlihat pada program kegiatan dan program pembelajaran. Manajemen di sini dikategorikan menjadi 7 macam yaitu: manajemen kurikulum, kepegawaian, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, humas, dan layanan khusus. Jadi, antara manajemen di sekolah dengan di boarding saling berkaitan. Selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian peningkatan mutu di Al Wildan Islamic Boarding School menggunakan teknik TQM. TQM yang diterapkan sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut terbukti melalui penjabaran pada syarat-syarat pelaksanaan TQM yang sudah terpenuhi. Seperti komitmen dari kepala sekolah, adanya visi, misi, dan tujuan sekolah, adanya perbaikan secara berkesinambungan, adanya pendekatan publisitas, dan Steering committee.

References


Ahmadi, Djauzak. 1996. Peningkatan Mutu Pendidikan Sebagai Sarana Pembangunan Bangsa. Jakarta: Balai Pustaka.

Al-Rasyidin. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Amin, H. 2010. Efektifitas Total Quality Managemen Melalui system Manajemen Mutu ISO. Makalah Rangkuman Tesis disampaikan pada seminar TQM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Darajat, Zakiah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Cetakan kedua.

Feisal, Amir. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Haryanto, Sugeng. 2012. Persepsi Santri Terhadap Perilaku Kepemimpinan Kyai Di Boarding. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Hamidi, C.A. 2019. Management Model Oriented to Custemer Satisfaction (TQM) in Gontor Islamic Boarding School (Study Case in Gontor Kampus7). Educan ; Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). 166-188

Iqbal, Hasan. 2002. Pokok-Pokok Materi Metode Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.

Muhith, 2018. Quality Culture Of Islamic Boarding School. International Journal of Research-Granthalayah, 6(10), 25-37

Nasution, Nur. 2005. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor: Ghalia Indonesia.

Purwoko. 2021. Panduan Al Wildan Islamic Boarding School Tahun 2021. Tengaran: Nuris Press.

Sallis, Edward. 2010. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Jogjakarta: IRCisD.

Sabda, Syaifuddin. 2006. Model Kurikulum Terpadu IPTEK dan IMTAQ. Ciputat: Quantum Teaching.

Siradj, Sa'id Agiel. 1999. Boarding Masa Depan. (wacana Pemberdayaan dan Transformasi Boarding). Bandung: Pustaka Hidayah.

Rieny, 2021. Manajemen Keuangan Boarding, (http://rienytugas.blogspot.com/2021/06/manajemen-keuangan-boarding.html).

Suhardi, didik. 2021. Peran SMP Berbasis Boarding Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Generasi Bangsa, dalam (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=6615&val=4146).

Tim Penyusun. 2014. Boarding dan Madrasah Diniyah (Pertumbuhan Dan Perkembangannya). Jakarta: DEPAG RI.

Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. 2014. Total Quality M.anagement. Yogyakarta: Andi Offset. Cetakan 10.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v4i02.1541 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional