KONTRIBUSI PERS DALAM MEMPUBLIKASIKAN PROGRAM UNGGULAN PADA SEKOLAH RUJUKAN

Ade Rosad, Saipul Annur, Tutut Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai program yang ditawarkan oleh SMA Negeri 2 Prabumulih. Sekolah ini telah ditetapkan sebagai media cetak lokal di daerah tersebut. Dan juga kontribusi yang diberikan oleh pers, dalam membangun reputasi sekolah. Selain itu, untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang mungkin atau mungkin tidak mendukung pers menerbitkan artikel di Kota Prabumulih. Untuk penelitian ini semua data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari masing-masing kepala sekolah SMA Negeri 2 Prabumulih. Memainkan peran kunci sebagai pembuat kebijakan dalam mendirikan sekolah masing-masing. Dengan persetujuan redaksi dan wartawan Prabumulih Post dengan menggunakan purposive sampling. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah untuk menentukan apa saja program yang ditawarkan oleh sekolah, dan bagaimana pers dapat berkontribusi dalam mempublikasikannya. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) SMA Negeri 2 Prabumulih, terdapat enam program unggulan di bidang akademik dan non akademik. Keenam program yang ditawarkan oleh sekolah tersebut semuanya memperoleh hasil yang sangat baik. (2) Program unggulan yang ditawarkan sekolah akan semakin lengkap bila ada liputan media. Inilah yang dilakukan Prabumulih Pos sebagai satu-satunya media cetak harian lokal di Kota Prabumulih. Berkontribusi dengan menerbitkan program-program tersebut di sekolah ini dapat membawa reputasi yang baik dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan serta referensi yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah.


References


Ade Putranto Prasetyo. Manajemen Media Massa Konsep Dasar, Pengelolaan, Dan Etika Profesi. Yogyakarta: Pustaka Baru, 2020.

AZ. “Wawancara.” Pemimpin Redaksi Prabumulih Pos, 2021.

Indonesia, Kamus Besar Bahasa. “Jakarta.” Republik Indonesia, 2011.

Kamaruddin, Kamaruddin. “Manajemen Pers Pada Media Massa Dalam Era Reformasi (Studi Penyampaian Dakwah Islam).” Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI) 2, no. 2 (2018): 127–46.

KS. “Wawancara.” SMA Negeri 2 Prabumulih, 2021.

Mahfuzhah, Hannah, and Anshari Anshari. “Media Publikasi Humas Dalam Pendidikan.” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2018): 137–49.

Moloeng, Lexy. “Metode Pendidikan Kualitatif.” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.

Riza Fahlevi. “Surat Keputusan Sekolah Rujukan Tahun Pelajaran 2021/2022.” Palembang: Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, 2021.

Setiawan, Aria Aditya Setiawan Aria Aditya. “Peran Media Massa Dalam Meningkatkan Kualitas Kepemerintahan Lokal Berbasis Human Security Di Kota Jayapura.” Politika: Jurnal Ilmu Politik 2, no. 2 (2013): 39–48.

Somantri, Manap. “SEKOLAH RUJUKAN (Studi Evaluatif Di SMKN 1 Kota Bengkulu).” MANAJER PENDIDIKAN 14, no. 2 (2020): 92–109.

Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.” Bandung: Alfabeta, CV, 2017.

Usman, Husnita. “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH RUJUKAN DI SMP NEGERI 1 TALIABU BARAT DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.” Universitas Muhammadiyah Malang, 2020.

Utomo, Prasetyo Budi, Mulyadi Eko Purnomo, and Mgs Nazarudin. “Studi Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Tenaga Pendidik Di SD Islam Palembang.” Studia Manageria 3, no. 1 (2021): 83–97.

Wicaksono, Kukrit Suryo. “PERAN PERS DALAM PENINGKATAN DAYA SAING DAERAH.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 4, no. 2 (n.d.): 175–86.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v4i02.1527 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional