PENGARUH KUALITAS DAN PROMOSI TERHADAP JUMLAH MAHASISWA INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL (ISTA)

Ahmad Sofan Ansor, Djoko Subali

Abstract


Kesuksesan sebuah institusi pendidikan adalah menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas dari berbagai segi dan kegiatan promosi perguruan tinggi yang menunjukan keberhasilan kepada masyarakat  Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi dan kualitas perguruan tinggi secara bersama-sama berpengaruh terhadap perolehan mahasiswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis didapatkan bahwa nilai thitung (3.128)>rtabel (1.996) dengan derajat kebebasan (df)2 dan 67 pada alpha (α) 0.05 dan 0.853, sehingga hipotesis yang diambil adalah Ho ditolak dan H1 diterima. Promosi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah perolehan mahasiswa yaitu memiliki nilai thitung (2.720)>ttabel (1.996), sehingga menolak Ho dan menerima H. Kualitas dan promosi memiliki pengaruh secara bersama-sama dengan hasil uji fhitung 13.443>ftabel 3.14 dengan Rhitung 0.446>Rtabel 0.396 sehingga hipotesis menolak Ho dan menerima H1. Koefesien determinan (R2) sebesar 78.0% dan 22.0% faktor berpengaruh lain tidak dianalisis.

References


Ansor SA dan Muttahidah. (2016). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Fajar Media Press.

Badrudin. (2013). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Colquitt, J. A., Lepine, J. A., dan Wesson, M. J. (2011). Organizational Behavior Improving Performance and Commitment in Workplace.New York: McGraw Hill

Crosby, P.B. (1979). Quality is Free The Art of Making Quality Certain. Mc.Graw Hill Book Company

Daft, RL. (2010). Era baru Manajemen. Jakarta: Salemba empat,

Depdiknas. (2009). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Bina Aksara

Deming, E.W. (1992). Out of Crisis, Massachusetts Institute of Tech. Cambridge: Mass.

Deigenbaum, A.V. (1983). Total Quality Control. New York: Mc Graw Hill Book Co.

Drucker, P. (1999). Management Chalanges for 21th century. New York: Harper Collins Publishers.

Edward Salis. (2008). Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Handoko, HT. (2000). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFE

Heizer, Jay and Render, B. (1996). Production and Operation Management Strategic and Tactical Decisions. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Mukherje S and Basu SK. (2005). Oragnization, Management and Business Communication. New Delhi, New Age Intl.

Purwanto. (2006). Manajemen Strategi. Bandung: Yrama Widya

Rao, Thukaram. (2009). Office Organization and Management. New Delhi: SP Abora.

Riduan dan Engkos Ahmad Kuncoro. (2007). Cara Menggunakan dan Memakai Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta

Rowley, Jennifer. (1995). A New Lecturer's Simple Guide To Quality Issues In Higher Education. International Journal of Education Management.

Russel R, and Taylor. (1995). Production and Operation Management Focusing on Quality and Competitiveness. New Jersey: Prentice Hall

Sconberger, JR and Knod, ME. (1997). Operation Management Custumer Focused Principle. Chicago: IRwin

Singarimbun, Masri & Effendi, Sofian. (2009). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sudjana. (2000). Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Stamatis, D H. (1996). Total Quality Service. St: Lucia Press USA.

Usman, Husaini. (2009). Manajemen, teori, praktek dan riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/im.v4i01.1183 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional