Kajian Teoretis Tentang Kemampuan Bangsa Dalam Menghadapi Globalisasi Dalam Perspektif Anthony Giddens Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam

Authors

  • Muhammad Syauqi Mubarok Institut Teknologi Garut, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-3070-6816
  • Muhammad Taufik Institut Teknologi Bandung, Indonesia
  • Muhammad Ridwan Fauzi STAI Syamsul Ulum Gunungpuyuh Sukabumi, Indonesia
  • Uus Ruswandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4969

Keywords:

kemampuan, bangsa, Giddens, globalisasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan bangsa dalam menghadapi globalisasi dalam perspektif Anthony Giddens dan relevansinya dengan Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kepustakaan (library research), dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain pada dimensi sosial politik, masyarakat indonesia cenderung tidak siap dalam mengahdapi fenomena globalisasi pada dimensi sosial ekonomi, dimensi sosial budaya, dimensi Pendidikan dan dimensi teknologi informasi dan komunikasi.

Author Biography

Muhammad Syauqi Mubarok, Institut Teknologi Garut

Dosen Tetap di Institut Teknologi Garut

Jabatan fungsional Lektor

Dosen Tersertifikasi

References

Aflisia, N., Ahmad E.Q, N., & Suhartini, A. (2021). The Urgency of Theological Foundations in Islamic Education in the Industry Era 4.0 towards the Society Era 5.0. International Journal of Education Research and Development, 1(1), 60–77. https://doi.org/10.52760/ijerd.v1i1.4

Anam, K. (2023). Paling Rendah di ASEAN, Tingkat Literasi Digital RI Cuma 62%. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230214171553-37-413790/paling-rendah-di-asean-tingkat-literasi-digital-ri-cuma-62

Dewabrata, M. (2019). Hasil PISA 2018 Resmi Diumumkan, Indonesia Alami Penurunan Skor di Setiap Bidang. Zenius. https://www.zenius.net/blog/pisa-2018-2019-standar-internasional

Education Rankings by Country 2023. (2023). World Population Review. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/education-rankings-by-country

Giddens, A. (2000). The Second Globalization Debate. A Talk With Anthony Giddens. Edge. https://www.edge.org/conversation/anthony_giddens-the-second-globalization-debate

Literacy Rate by Country 2023. (2023). World Population Review. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/literacy-rate-by-country

Muslimin, E., Heri, D., & Erihadiana, M. (2021). Kesiapan Merespon terhadap Aspek Negatif dan Positif Dampak Globalisasi Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(3), 342–349. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i1.403

Naurah, N. (2023). Literasi Digital Nasional 2022 Meningkat, Namun Kategorinya Masih Sedang. GoodStats. https://goodstats.id/article/literasi-digital-nasional-2022-meningkat-namun-kategorinya-masih-sedang-HmqK5

Priatna, T., Baihaqi, W., Rahman, A. A., & Sunarya, Y. (2020). Reformulasi Tugas dan Fungsi Guru Menghadapi Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. In Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 (pp. 1–13). UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30525

Putri, W. D. (2015). Indonesia Dianggap Lampu Kuning dalam Globalisasi. Republika. https://news.republika.co.id/berita/nyz97b359/indonesia-dianggap-lampu-kuning-dalam-globalisasi

Stiglitz, J. E. (2006). MAKING GLOBALIZATION WORK (first). W. W. Norton & Company, Inc.

Suastha, R. D. (2016, September 7). UNESCO Soroti Kesenjangan Kualitas Pendidikan di Indonesia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160906155806-20-156462/unesco-soroti-kesenjangan-kualitas-pendidikan-di-indonesia

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (7th ed.). Remaja Rosdakarya.

Unde, A., Pandu, M. E., Munizu, M., Radjab, M., & Lampe, M. (2015). Pilot Project Pengukuran Indeks Kesiapan Masyarakat (IKM) dalam Merespon Fenomena Global Village di Sulawesi Selatan. https://www.researchgate.net/publication/352822337_PILOT_PROJECT_PENGUKURAN_INDEKS_KESIAPAN

Wuryanto, H., & Abduh, M. (2022). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Direktorat Guru Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li

Yuniarto, P. R. (2014). Masalah Globalisasi di Indonesia: Antara Kepentingan, Kebijakan, dan Tantangan. Jurnal Kajian Wilayah, 5(1), 67–95. https://doi.org/https://doi.org/10.14203/jkw.v5i1.124

Published

30-08-2023

Citation Check