LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK

Authors

  • Sutarto Sutarto Institut Agama Islam Negeri Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.464

Keywords:

Educational Environment, Al-Qur'an, Child Growth and Development.

Abstract

Lingkungan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak di samping faktor hereditas. Lingkungan yang baik akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Begitu juga sebaliknya, lingkungan kurang baik akan memberikan dampak negatif terhadap anak. Tulisan ini akan membahas tentang lingkungan pendidikan perspektif Alquran dan implikasinya terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini termasuk penelitian library research dengan pendekatan reflektif thinking. Berdasarkan pembahasan, dapat dipahami bahwa dalam perspektif Alquran, lingkungan pendidikan mencakup tiga hal, yaitu lingkungan alam, lingkungan dalam, dan lingkungan sosial. Lingkungan alam merupakan segala sesuatu yang berada di luar diri individu selain manusia, seperti iklim, alam, tumbuh-tumbuhan, dan sebagainya. Lingkungan dalam adalah segala makanan yang dimakan oleh individu. Lingkungan sosial merupakan segala sesuatu yang yang berada di luar diri indivudu yang berupa manusia, atau interaksi individu dengan individu lainnya, baik dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat. Ketiga bentuk lingkungan itu dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan individu, baik secara fisik maupun psikis. Secara fisik dapat mempengaruhi pertumbuhan jasmani, pertumbuhan sel-sel saraf, dan sebagainya. Secara psikis berpengaruh terhadap perkembangan sosioemosional, bakat, minat, kognitif, kepribadian, dan sebagainya.

References

Abuddin Nata,2014, Ilmu Pendidkan Islam, Jakarta: Kencana

__________,2014, Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta: Gaya Media Pratama

Abdurrahman saleh, 1989, Didaktik dan Methodik Pendidikan Agama, Jakarta, Bulan Bintang

Agus Sujanto, 1996, Psikologi Perkembangan, Jakarta : Rineka Cipta

Azlalur Rahman, 2000, al-Qur’an Sumber Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Rineka Cipta

Az Zabidi, Imam, 2012, Ringkasan Hadis Sahih Bukhari, Jakarta: Pustaka Amini

Crow, Lester and Crow , Alice, 2004, Psikologi Pendidikan (terjemhan), Bandung: Rineka Cipta

Elida Prayitno, 2002, Psikologi Perkembangan Remaja, Jakarta : Dirjen Dikti

Hasan bin Ali Hasan al Hijazy, 2001, Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim, Penterjemah Muzaidi Hasbullah, Jakarta: Pustaka al-Kautsar

Hurlock, Elizabeth B., 2014, Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta : Erlangga

M. Ngalim Purwanto, 2014, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

M. Quraish Sihab, 2007, Tafsir Al-Misbah jilid 5. Pesan, kesan dan Keserasia Al Quran, Jakarta: Lentera Hati

______________, 2007, Tafsir Al Misbah Jilid 1: Pesan, kesan dan Keserasia Al Quran, Jakarta: Lentera Hati

_______________,1996, Wawasan al Quran: Tafsir Maududi atas Pelbagai Persolaan umat, Bandung: Mizan

Ramayulis, 2014, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Salman Harun, 1999, Mutiara al-Qur’an; Aktualisasi Pesan al-Qur’an dalam Kehidupan, Jakarta: Kaldera

Sama’un Bakry, 2005, Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam, Bandung, Pustaka bani quraisy

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003

Wasty Sumanto, 2012, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Zahara Idris dan Risma Jamal, 1992, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Gramedia

Zakiah Darajat, 2014, lmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Published

29-08-2019

Citation Check