LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v8i2.464Keywords:
Educational Environment, Al-Qur'an, Child Growth and Development.Abstract
Lingkungan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak di samping faktor hereditas. Lingkungan yang baik akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Begitu juga sebaliknya, lingkungan kurang baik akan memberikan dampak negatif terhadap anak. Tulisan ini akan membahas tentang lingkungan pendidikan perspektif Alquran dan implikasinya terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini termasuk penelitian library research dengan pendekatan reflektif thinking. Berdasarkan pembahasan, dapat dipahami bahwa dalam perspektif Alquran, lingkungan pendidikan mencakup tiga hal, yaitu lingkungan alam, lingkungan dalam, dan lingkungan sosial. Lingkungan alam merupakan segala sesuatu yang berada di luar diri individu selain manusia, seperti iklim, alam, tumbuh-tumbuhan, dan sebagainya. Lingkungan dalam adalah segala makanan yang dimakan oleh individu. Lingkungan sosial merupakan segala sesuatu yang yang berada di luar diri indivudu yang berupa manusia, atau interaksi individu dengan individu lainnya, baik dalam keluarga, sekolah maupun masyarakat. Ketiga bentuk lingkungan itu dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan individu, baik secara fisik maupun psikis. Secara fisik dapat mempengaruhi pertumbuhan jasmani, pertumbuhan sel-sel saraf, dan sebagainya. Secara psikis berpengaruh terhadap perkembangan sosioemosional, bakat, minat, kognitif, kepribadian, dan sebagainya.
References
Abuddin Nata,2014, Ilmu Pendidkan Islam, Jakarta: Kencana
__________,2014, Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta: Gaya Media Pratama
Abdurrahman saleh, 1989, Didaktik dan Methodik Pendidikan Agama, Jakarta, Bulan Bintang
Agus Sujanto, 1996, Psikologi Perkembangan, Jakarta : Rineka Cipta
Azlalur Rahman, 2000, al-Qur’an Sumber Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Rineka Cipta
Az Zabidi, Imam, 2012, Ringkasan Hadis Sahih Bukhari, Jakarta: Pustaka Amini
Crow, Lester and Crow , Alice, 2004, Psikologi Pendidikan (terjemhan), Bandung: Rineka Cipta
Elida Prayitno, 2002, Psikologi Perkembangan Remaja, Jakarta : Dirjen Dikti
Hasan bin Ali Hasan al Hijazy, 2001, Manhaj Tarbiyah Ibnu Qayyim, Penterjemah Muzaidi Hasbullah, Jakarta: Pustaka al-Kautsar
Hurlock, Elizabeth B., 2014, Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta : Erlangga
M. Ngalim Purwanto, 2014, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
M. Quraish Sihab, 2007, Tafsir Al-Misbah jilid 5. Pesan, kesan dan Keserasia Al Quran, Jakarta: Lentera Hati
______________, 2007, Tafsir Al Misbah Jilid 1: Pesan, kesan dan Keserasia Al Quran, Jakarta: Lentera Hati
_______________,1996, Wawasan al Quran: Tafsir Maududi atas Pelbagai Persolaan umat, Bandung: Mizan
Ramayulis, 2014, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia
Salman Harun, 1999, Mutiara al-Qur’an; Aktualisasi Pesan al-Qur’an dalam Kehidupan, Jakarta: Kaldera
Sama’un Bakry, 2005, Menggagas Konsep Ilmu Pendidikan Islam, Bandung, Pustaka bani quraisy
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003
Wasty Sumanto, 2012, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Zahara Idris dan Risma Jamal, 1992, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Gramedia
Zakiah Darajat, 2014, lmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).