PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ISLAMIC BOARDING SCHOOL (Studi Deskriptif tentang Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter Pesantren di SMP Daarut Tauhiid Boarding School Putri)

Authors

  • Khambali Khambali Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Mahasiswa Pendidikan Islam, Indonesia
  • Imas Masruroh Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Mahasiswa Pendidikan Islam, Indonesia
  • Mumu Mumu Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Mahasiswa Pendidikan Islam, Indonesia
  • Uus Ruswandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, DosenPendidikan Islam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.4134

Keywords:

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Karakter Pesantren, Boarding School.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis karakter di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School Putri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasıl penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah ini memiliki visi yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter yang khas kepesantrenan. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 untuk kelas 8 dan 9, dan kurikulum merdeka untuk kelas 7. Terdapat 5 program pembelajaran sebagai pengembangan mata pelajaran agama dan budi pekerti dengan menggunakan kitab seperti aqidah, fiqh, tarikh, akhlak, dan materi kepesantrenan. Dalam perencanaan pembelajaran, guru membuat administrasi guru (Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang terintegrasi dengan nilai-nilai kepesantrenan. Program pembiasaan yang diterapkan di SMP DTBSP meliputi ibadah harian dengan mencatat ibadah harian (mutaba’ah yaumiyyah) dengan didampingi oleh musyrifah. Evaluasi pembelajaran di kelas 8 dan 9 dilakukan dalam penilaian otentik, proyek, ulangan harian, dan Ujian Tengah Semester, dan Ujian Akhir Semester. Penilaian kelas 7 pada kurikulum merdeka mengacu pada modul dan Alur Tujuan Pembelajaran yang terdapat pada buku pedoman guru yang diterbitkan oleh kementerian agama Islam dengan melakukan ujian lisan, praktik dan ujian berbasis proyek.

References

Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Budaya, Dan Sosiologi. Al-Afkar, 4(1), 181–202.

Anggadwita, G., Dana, L.-P., Ramadani, V., & Ramadan, R. Y. (2021). Empowering Islamic boarding schools by applying the humane entrepreneurship approach: the case of Indonesia. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 27(6), 1580–1604. https://doi.org/10.1108/IJEBR-11-2020-0797

Aslan, & Wahyudin. (2020). Kurikulum dalam tantangan perubahan.

Avila Fernandez, A. (2004). File (1).pdf. In Thematya. revista de filosofia (Vol. 33, pp. 369–374).

Bafadhol, I. (2016). Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Islamic Boarding School. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 05, 1371–1390. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/8

Bojonegoro, A. L. R. (2020). Boarding School Dengan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X Ma. 3.

Dalyono, B., & Enny Dwi Lestariningsih. (2017). Implementasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Bangun Rekaprima, 3(3), 33–42.

Efektifitas Program Pendidikan Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter siswa (Studi di SMA Swasta Advent Pematangsiantar). (2022). EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9609

Endang Komara. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter danPembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan

Hombersley, S. (2007). Boarding school. Engineer, 293(7718), 28. https://doi.org/10.2307/j.ctt1d9nr79.14

Karakter, P., Wahid, A. A., & Baubau, K. (2019). Jurnal akademik unidayan. 124, 32–41.

Khambali, K. (2017). Family Role in Shaping Character Islam in Early Childhood Through Habituation Method. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 33–40. https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2382

Khasanah, S. Z., & Arifin, Z. (2017). Implementasi Pengembangan Kurikulum Di Smp Muhammadiyah Boarding School (Mbs) Yogyakarta. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 79. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1287

Lathifa Amin. (2017). Manajemen Pembinaan Peserta Didik Pada Program Boarding School di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal Hanata Widya, 6(6), 22–31.

Lote, A. E. (2020). Pengaruh Pengajaran Spiritualitas Persaudaraan Kasih Dan Damai Terhadap Pembentukan Karakter Anak Panti Asuhan Putera …. http://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/223/%0Ahttp://eprints.widyayuwana.ac.id/id/eprint/223/1/SKRIPSI ALFA.pdf

Mastuhu, P. (2014). Pemıkıran Pendıdıkan Islam Perspektıf Mastuhu (Telaah dalam Buku Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam dan Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren).

Negeri, M. (2021). Bidang Agama Dan Tradisi Keagamaan Pendidikan Moderasi Beragama : Membangun Harmoni , (Issue November).

Paminto, J., Rosiana, T., Budiyono, B., & Budisantoso, H. T. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pesantren dengan Sistem Boarding School. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(1), 41–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.15937

Rony, R. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 98–121. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.26

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.42052

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882

Sondakh, D. S. I., Rahmatullah, A. S., Adiyono, A., Hamzah, M. Z., Riwayatiningsih, R., & Kholifah, N. (2021). Integration of language, psychology, and technology and the concept of independence learning in reading characters in indonesian children’s films as media and learning materials in character building for elementary school students-indonesia. Linguistics and Culture Review, 6(1), 70–88. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6n1.1963

Suhardi, D. (2013). Peran Smp Berbasis Pesantren Sebagai Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Kepada Generasi Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1248

Syarif, M. (2021). Peranan Lembaga Pendidikan Majelis Musyawaroh Fathul Falah Dalam Menjamin Mutu Dan Kompetensi Santri Kilatan Putra Pondok …. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan …, 7(1), 106–130. http://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/242

Taufikin, T. (2018). Hermeneutic Of Pesantren With The " Fusion Of Horizons " Gadamer’s Theory. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 1(1), 37–58. https://doi.org/10.21093/sajie.v1i1.1335

Telda, N. R. M., Wahyuni, R., Devega, D. A. M. F., & Suratman, S. (2020). Sistem Boarding School (Studi Kasus Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter di SMA IT DBHS Bontang). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 99–115. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2313

Usman, M. I. (2013). Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Al Hikmah, XIV(1), 101–119.

Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa ndonesia. Al Ghazalı , Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101

Published

22-10-2022

Citation Check