METODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KHULAFAURRASYIDIN

Hasna Rizky Ramadhan, Mulyawan Mulyawan, Ibnu Hidayani, Imam Mahdi

Abstract


Pembelajaran agama Islam pada lembaga pendidikan di Indonesia, seperti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) khususnya sejarah khulafaurrasyidin masih belum menemukan metode yang tepat untuk mampu menumbuhkan rasa kritis dalam diri siswa terhadap makna dibalik fakta dan data sejarah. Bagaimana proses terpilihnya Abu Bakar, proses masuknya Umar kedalam Islam, bagaimana tuduhan nepotisme Utsman, dan terpecahnya umat Islam pada masa kepemimpinan Ali, serta bagaimana proses terbunuhnya ketiga amirul mukminin yaitu Umar bin khattab, Utsman bin affan, dan juga Ali bin Abi Thalib. Dengan metode discovery learning pada pembelajaran sejarah dengan enam langkah, yakni: stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization dalam penerapannya diharapkan mampu menumbuhkan rasa kritis dan menjadikan pembelajaran sejarah bersifat analitis sehingga dapat memajukan sistem pendidikan Islam di sekolah, madrasah maupun pesantren.


References


 Rochmawati, Ely. (2013 Januari). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Penemuan Terbimbing (Guide Discovery), BioEdu Vol.02/No.1.

 Tumurun, Septiani Wahyu, (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa, Pena Ilmiah: Vol.1, No.1.

 Ayu, Cheni Chaenida Madu. (2018). discovery learning gerak berirama. Gresik: Caremedia Communication.

 Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Djogjakarta: Rosda.

 Roestiysh. (2008 Maret). Strategi belajar mengajar. Djakarta: Rineka Cipta.

 Iqbal, Abu Muhammad. (2015). Pemikiran Pendidikan Islam. Djogjakarta: pustaka pelajar.

 Ihsan, Ahmad & Saehudin. (2016). Hadits Pendidikan, konsep pendidikan berbasis hadits. Bandung : Humaniora.

 Tafsir, Ahmad. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 Asy-Asuyuti, Imam. (2001). Tarikh Khulafa, terj. Samson Rahman. Djakarta Timur: Pustaka Al-kautsar.

 Rida, M. (Tanpa Tahun). Abu Bakar Ash-Shiddiq Khalifah Pertama. Beirut: Darul fikr.

 Al-Azizi, Abdul Syukur. (2017). Sejarah Terlengkap Peradaban Islam. Djogjakarta: Noktah.

 As-Sa’id, Shalahuddin Mahmud. (2012). Al-‘Asyrah Al-Mubasysyaruna bil jannah, terj. Ali Nurdin. Solo: Al-Qawam.

 Katsir, Ibnu. (2017). Al-Bidayah wa An-Nihayah, terj. Farid Fahruddin. Surakarta: Insan Kamil.

 Al-Qarni, Aidh. (2014). Nujum fii sama’it tarikh, terj. Umar Mujtahid. Solo: Kiswah Media.

 Syafi’ie, Inu Kencana. (2010). Ilmu Politik. Djakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v8i01.357 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.