MENGGAGAS PENDIDIKAN ANTI JAHILIYAH (KEBODOHAN, AL-JÂHILIYYAH)

Muhammad Sarbini, Rahendra Maya

Abstract


Pendidikan baik bercorak umum maupun berbasis ajaran Islam, tidak hanya bersifat mendukung (pro) dan menjelaskan hal-hal yang baik saja, namun juga harus menunjukkan sikap kontra atau anti terhadap hal-hal yang buruk. Di antara bentuk keburukan yang diungkapkan dalam banyak ayat-ayat Alquran dan teks-teks Hadits dari Nabi Muhammad S.A.W. adalah kebodohan atau ketidaktahuan atau jahiliyah (al-jâhiliyyah) yang ternyata berstatus hukum sama dengan keburukan korupsi, narkoba, dan terosrisme/radikalisme serta berbagai keburukan lainnya yang banyak diberikan kewaspadaan dan harus dijauhi. Oleh karena itu, artikel ini berupaya untuk mendeskripsikan perspektif Islam tentang gagasan tentang Pendidikan Anti Jahiliyah, minimal sebagai sebuah kesadaran internal (sebagai the other). Format awal adalah dengan mendeskripsikan beberapa poin utama yang meliputi definisi, objektifitas (ruang lingkup), tujuan, dan materi/kurikulum dari Pendidikan Anti Jahiliyah tersebut.


References


’Abd Al-Bâqî, M. Fu‘âd. (1991). Al-Mu’jam Al-Mufahras li Alfâzh Al-Qur‘ân Al-Karîm. Beirut: Dâr Al-Hadîts.

Abdur Rafi’, A. Fida’. (2006). Terapi Penyakit Korupsi dengan Tazkiyatun Nafs (Penyucian Jiwa).

Ahmad, Y. Al-Sayyid. (1427 H.). Badâ‘i’ Al-Tafsîr: Al-Jâmi’ li Mâ Fassarahu Al-Imâm Ibn Qayyim Al-Jauziyyah. ed. Shâlih Ahmad Al-Syâmî. Damam: Dâr Ibn Al-Jauzî.

Al-’Abd Al-Lathîf, ’A. Al-’Azîz ibn Muhammad ibn ’Alî. (1412 H.). Da’âwâ Al-Munâwi‘în li Da’wah Al-Syaikh Muhammad ibn ’Abd Al-Wahhâb. Riyadh: Dâr Al-Wathan.

Al-Alûsî, A. Mahmûd Syukrî. (1347 H.) Syarh Masâ‘il Al-Jâhiliyyah. Kairo: Al-Mathba’ah Al-Salafiyyah wa Maktabatuhâ.

Al-’Aql, N. ibn ’Abd Al-Karîm. (1411 H.). Man Tasyabbaha bi Qaum fa Huwa minhum. Rabwah: Al-Maktab Al-Ta’âwunî li Al-Da’wah wa Tau’iyah Al-Jâliyât.

Al-’Aql, N. ibn ’Abd Al-Karîm. (1417 H.). Ushûl wa Dhawâbith fî Mujânabah Al-Kâfirîn. Riyadh: Dâr Al-Qâsim.

Al-’Aql, N. ibn ’Abd Al-Karîm. (2007). Islâmiyyah la Wahhâbiyyah. Riyadh: Dâr Al-Fadhîlah dan Dâr Al-Hady Al-Nabawî Mesir.

Al-Ashfahânî, H. ibn Muhammad Al-Râghib. (t.t.). Al-Mufradât fî Gharîb Al-Qur‘ân. ed. Markaz Al-Dirâsât wa Al-Buhûts bi Maktabah Nazzâr Mushthafâ Al-Bâz. Mekkah: Maktabah Nazzâr Mushthafâ Al-Bâz.

Al-Baghawî. H. ibn Mas’ûd. (2002). Ma’âlim Al-Tanzîl. ed. Muhammad ’Abd Allah Al-Namr, ’Utsmân bin Jum’ah Dhaumairiyyah, dan Sulaimân Musallam Al-Harasy. Riyadh: Dâr Thayyibah.

Al-Dimasyqî, I. ibn ’Umar ibn Katsîr Al-Qurasyî. (1999). Tafsîr Al-Qur‘ân Al-’Azhîm. ed. Sâmî ibn Muhammad Al-Salâmah. Riyadh: Dâr Thayyibah.

Al-Fauzân, S. ibn Fauzân. (2001) Syarh Masâ‘il Al-Jâhiliyyah. Riyadh: Dâr Al-’Âshimah.

Al-Fauzân, S. ibn Fauzân. (2003) Syarah 128 Tabiat & Perangai Jahiliyah. Solo: At-Tibyan.

Al-Hâzimî, K. ibn Hâmid. (2000). Ushûl Al-Tarbiyah Al-Islâmiyyah. Riyadh: Dâr ’Âlam Al-Kutub.

Al-Jauzî, ’A. Al-Rahmân ibn ’Ali ibn Muhammad. (1994). Zâd Al-Masîr fî ’Ilm Al-Tafsîr. ed. Ahmad Syams Al-Dîn. Beirut: Dâr Al-Kutub Al-’Ilmiyyah.

Al-Jîzânî, M. ibn Husain ibn Hasan. (1429 H.). Ma’âlim Ushûl Al-Fiqh ’inda Ahl Al-Sunnah wa Al-Jamâ’ah. Damam: Dâr Ibn Al-Jauzî.

Al-Luwaihîq, J. ibn Habîb. (1999). Al-Tasyabbuh Al-Manhî ’anhu fî Al-Fiqh Al-Islâmî. Jeddah: Dâr Al-Andalus Al-Khadhrâ‘.

Al-Mahmûd, ’A. Al-Rahmân ibn Shâlih. (1421 H.). Al-Hukm bi Ghair Mâ Anzala Allah: Ahwâluhu wa Ahkâmuhu. Riyadh: Dâr Thayyibah.

Al-Na’âl, M. Fauzî. (2003). Mausû’ah Al-Alfâzh Al-Qur‘âniyyah. ed. Bakrî Syaikh Amîn. Aleppo: Maktabah Dâr Ibn Al-Turâts dan Al-Yamâmah Damaskus.

Al-Qahthânî, S. ibn ’Alî ibn Wahf. (1999). Nûr Al-Hudâ wa Zhulumât Al-Dhalâl fî Dha‘ Al-Kitâb wa Al-Sunnah. Riyadh: Maktabah Al-Malik Fahd Al-Wathaniyyah.

Al-Qâsimî, M. Jamâl Al-Dîn. (2003). Mahâsin Al-Ta’wîl. ed. Muhammad Bâsil ’Uyûn Al-Sûd. Beirut: Dâr Al-Kutub Al-’Ilmiyyah.

Al-Râsyid, A. Al-’Alâ ibn Râsyid ibn Abî Al-’Ulâ. (2003).’Âridh Al-Jahl wa Atsaruhu ’alâ Ahkâm Al-I’tiqâd ’inda Ahl Al-Sunnah wa Al-Jama’âh. Riyadh: Maktabah Al-Rusyd.

Al-Sa’dî, ’A. Al-Rahmân ibn Nâshir. (2000). Taisîr Al-Karîm Al-Rahmân fî Tafsîr Kalâm Al-Mannân. ed. ’Abd Al-Rahmân ibn Mu’allâ Al-Luwaihiq. Beirut: Mu‘assasah Al-Risâlah.

Al-Sa’dî, ’A. Al-Rahmân ibn Nâshir. (1421 H.). Al-Qâwa’id wa Al-Ushûl Al-Jâmi’ah wa Al-Furûq wa Al-Taqâsîm Al-Badî’ah Al-Nâfi’ah. ed. Khâlid ibn ’Alî ibn Muhammad Al-Musyaiqih. Damam: Dâr Ibn Al-Jauzî.

As-Sadlan, S. bin Ghanim. (2000). Bahaya Narkoba Mengancam Umat. Jakarta: Darul Haq.

Al-Syâfi’î, H. Muhammad Fahmî. (2008). Al-Dalîl Al-Mufahras li Alfâzh Al-Qur‘ân Al-Karîm bi Hâsyiyah Al-Mushhaf Al-Syarîf. Kairo: Dâr al-Salâm.

Al-Syaukânî, Muhammad ibn ’Alî ibn Muhammad. (1997). Fath Al-Qadîr: Al-Jâmi’ baina Fannai Al-Riwâyah wa Al-Dirâyah min ’Ilm Al-Tafsîr. ed. ’Abd Al-Rahmân ’Umairah.

Al-Thabarî, M. ibn Jarîr. (2002). Jâmi’ Al-Bayân ’an Ta‘wîl Al-Qur‘în. ed. Maktabah li Al-Tahqîq wa Al-I’dâd Al-’Ilmî fî Dâr Al-A’lâm. Oman: Dâr Al-A’lâm dan Dâr Ibn Khuzaimah Beirut.

Al-’Utsaimîn, M. ibn Shâlih. (2002 H.). Mukhtârât min Iqtidhâ‘ Al-Shirâth Al-Mustaqîm. Kairo: Dâr Al-Âtsâr.

’Atralîs, Muhammad. (2006). Al-Mu’jam Al-Wafi li Kalimat Al-Qur‘an Al-Karim. Kairo: Maktabah Al-Âdâb.

Bin Hadi, M. (2006). Shohih Asbabun Nuzul: Latar Belakang Turunnya Ayat-ayat Al-Qur’an. Depok: Penerbit Meccah.

Bin Baz, A. Aziz bin Abdullah, et.al. (2004). Bahaya Narkoba Mengancam Umat. Jakarta: Pustaka At-Tazkia.

Burhanuddin, N. (2016). “Akar dan Motif Fundamentalisme Islam: Reformulasi Tipologi Fundamentalisme dan Prospeknya di Indonesia”. Wawasan: Jurnal Ilmu Agama dan Sosial Budaya, 1, 2, Juli 2016.

Hakim, L. (2012). “Model Integrasi Pendidikan Anti Korupsi dalam Kurikukulum Pendidikan Islam”. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 10, No. 2.

Harto, K. (2014). “Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Agama”. Intizar. Vol. 20, No. 1.

http://ar.islamway.net//bode/9479/جاهلية_القرن_العشرين

Ibn Taimiyyah, A. ibn ’Abd Al-Halîm ibn ’Abd Al-Salâm. (2000). Iqtidhâ‘ Al-Shirâth Al-Mustaqîm li Mukhâlafah Ashhâb Al-Jahîm. ed. Nâshir ibn ’Abd Al-Karîm Al-’Aql. Riyadh: Maktabah Al-Rusyd.

Irfan, M. Nurul. (2014). Korupsi dalam Hukum Pidana Islam. Jakarta: Amzah.

Ma’asy, A. Razzaq. (2001). Mengupas Kebodohan dalam Aqidah. Jakarta Selatan: Pustaka Azzam.

Majma’ Al-Lughah Al-’Arabiyyah. (2010). Al-Mu’jam Al-Wasîth. Mesir: Maktabah Al-Syurûq Al-Dauliyyah.

Majma’ Al-Lughah Al-’Arabiyyah. (2012). Al-Mu’jam Al-Wajîz. Mesir: Maktabah Al-Syurûq Al-Dauliyyah.

Maya, R. (2001) “Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah bi Al-Qudwah)”. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 6(11).

Munawwir, M. Fajrul. (2011). “Relevansi Pemikiran Sayyid Qutb tentang Tafsir Jahiliyah bagi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Islam Kontemporer”. Jurnal Dakwah, Vol. XI, No. 1.

Munawir, M. Fajrul. (2012). Jahiliyah dalam Pandangan Sayyid Qutb: Sebuah Kajian Tafsir Fi Zilal Al-Qur’an. Yogyakarta: Samudra Biru dan Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mustakim, M. (2013). “Wawasan Alquran tentang Pendidikan Anti Korupsi”. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah. Vol. 2, No. 1.

Quthb, M. (1985). Jahiliyah Abad Dua Puluh: Mengapa Islam Dibenci?. Bandung: Penerbit Mizan.

Quthb, M. (1991). Ru‘yah Islâmiyyah li Ahwâl Al-’Âlam Al-Mu’âshir. Riyadh: Dâr Al-Wathan.

Quthb, M. (1996). Tafsir Islam Atas Realitas. t.t.t.: Yayasan SIDIK dan Lembaga Ziswaf Amal Sejahtera Sedaya.

Romli, A. Syamsul M.. (2000). Demonologi Islam: Upaya Barat Membasmi Kekuatan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Romziana, L. (2014). “Pandangan Al-Qur’an tentang Makna Jâhiliyah Perspektif Semantik”. Jurnal Keilmuan Tafsir Hadits, Vol. 4, No. 4.

Saleh, I. Anshori. (2017). Korupsi, Terorisme, dan Narkoba: Upaya Melawan Kejahatan Luar Biasa yang Sistematis. Malang: Setara Press.

Shiddieq, U. M. Dja’far. (2016). Mushaf Tafhim Al-Qur’an Darul ‘Amal. Jakarta: Maktabah Al-Fatih dan Yayasan Pendidikan Sosial Islam (YAPSI) Darul ‘Amal Jampangkulon Sukabumi.

Syâkir, A. Muhammad. (1992). Hukm Al-Jâhiliyyah. ed. Mahmûd Muhammad Syâkir. Kairo: Maktabah Al-Sunnah.

Tarmizi, E. (2015). Harta Haram Muamalat Kontemporer. Bogor: PT Berkat Mulia Insani.

Thalib, M. (2013). Al-Qur’an Tarjamah Tafsiriyah: Memahami Makna Al-Qur’an Lebih Mudah, Tepat, dan Mencerahkan. Yogyakarta: Ma’had An-Nabawy dan Yayasan Ahlu Shuffah.

Tim Penulis Al-Nadwah Al-’Âlamiyyah li Al-Syabâb Al-Islâmî (World Assembly of Moslem Youth). (1418 H.). Al-Mausû’ah Al-Muyassarah fî Al-Adyân wa Al-Madzâhib wa Al-Ahzâb Al-Mu’âshirah. ed. Mâni’ ibn Hammâd Al-Juhnî. Riyadh: Dâr Al-Nadwah Al-’Âlamiyyah.

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa: Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama dan Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v8i01.348 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.