Implementasi Pengembangan Kurikulum Integratif di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
DOI:
https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3419Keywords:
implementasi, pengembangan kurikulum, integratif, dan UIN Maulana Malik IbrahimAbstract
Â
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah implementasi integrasi keilmuan dan pelaksanaan kurikulum integratif dalam pembelajaran di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kurikulum integratif di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan melalui langkah-langkah implementatif integrasi keilmuan, yang terdiri atas: pengembangan silabus dan RPS, penulisan buku ajar, perekrutan dan pembinaan dosen, bangunan kelembagaan, budaya kampus, laboratorium terintegrasi, dan khotmil Qur’an. Sementara itu, strategi pelaksanaan kurikulum integratif di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan pada saat: memulai pembelajaran, menyampaikan pembelajaran, mengakhiri pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
Â
References
Arikunto, Suharsimi. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatran Praktik. Jakarta: Renika Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Dan Praktis. Bandung: Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Dan Praktis. Bandung: Rosdakarya.
Djohar. (1999). Reformasi dan Masa Depan Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: IKIP Negeri Yogyakarta
Faisal, Sanapiah. (1990). Penelitian Kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang: YA3).
Febrina Dumaria. (2006). Hubungan Akreditasi dengan Mutu Lulusan, KESMAS, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasionanl. Vol. 1, Agustus 2006.
Hamalik, Oemar. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. (2015). Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Hastings, Honan dan Ahmed Akbar S. (1994). Islam in the of Postmdernity, dalam Ahmed Akbar S dan Honnan, Hastings, Islam, Globalism, and Postmodernity. New York: Routledge.
Husniyatus Salamah Zainiyati. (2014). Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang, Ulumuna Jurnal Studi Keislaman, Volume 18 Nomor 1 (Juni) 2014.
Luma, M., Tola, A., & Hadirman, H. (2020). Evaluasi Implementasi K-13 Berdasarkan Model CIPP di SDN 2 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Iqra', 14(2), 186-204.
Lueny Morell. (2010). Engineering Education in the 21st Century: Roles, Opportunities and Challenges, Int. J. Technol. Eng. Educ. 2010, Vol.7, No.2
Moh. Irfan. (2012). Manajemen Kurikulum Terintegrasi pada Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang Disertasi Program Pascasarjana UIN Maliki Malang, 2012.
Moloeng, Lexy. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Muhadjir. Noeng. (1989). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Kare Sarasain.
Muhaimin. (2011). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Muhyar Dkk. (2014). Transformasi Paradigma dan Implikasinya pada Desain Kurikulum Sains; Studi Atas UIN Jakarta, UIN Maliki Malang dan UIN Sunan Kalijaga, penelitian Kolektif yang dibiayai oleh Dipa IAIN Wali Songo 2014.
Mulyono. Mujtahid. Baharuddin. (2015). Manajemen Pengembangan Kurikulum Universitas Islam Negeri Berbasis Integrasi Sains Dan Islam (Studi Multisitus di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Penelitian Kompetitif Unggulan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dibiayai oleh DIPA BLU: DIPA-025.04.2.423812/2015
Murni, Wahid. (2008). Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif: Skripsi, Tesis, Desertasi. Malang : UM Press.
Nata, Abuddin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta: Grasindo.
Nurlena dkk. (2014). Integrasi Keilmuan dalam Pengembangan Kurikulum di UIN Se-Indonesia; Evaluasi Penerapan Integrasi Keilmuan UIN dalam Kurikulum dan Proses Pembelajaran, (Jurnal TARBIYAH, Vol. I, No.1, Juni 2014, hlm. 14-34
Sukiman. (2015). Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumanjeet Singh. (2012). Developing e-skills for competitiveness, growth and employment in the 21st Century The European perspective, International Journal of Development Issues 37 Vol. 11 No. 1, 2012 pp. 37-59
Surakhmad, Winarno. (1994). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar. Bandung: Teknik Tarsito.
Susan M. Drake (2013). Creating Standards-Based Integrated Curriculum: The Common Core State Standars, diterjemahkan oleh Benyamin Molan dengan judul, Menciptakan Kurikulum Integrasi yang berbasis standar, (Jakarta: Indeks, 2013), h xiv
Talibo, I., Usup, D., & Hadirman, H. (2022). Model Pengelolaan Lembaga Pendidikan di Tengah Komunitas Penghayat Kepercayaan Masade (Studi di SMA Tabukan Utara, Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 365-378.
Undang-Undang Sistem pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1, 2 dan 3.
Urbancová Hana. (2013). Competitive Advantage Achievement through Innovation and Knowledge, Journal of Competitiveness Vol. 5, Issue 1, pp. 82-96, March 2013, h. 82
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).