Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Alam

Reksiana Reksiana, Eka Naelia Rahmah, Nadia Nurul Kamilah

Abstract


Latar belakang penelitian didasari pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang berbasis alam sebagai pendidikan alternatif untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang berkualitas dalam pengembangan karakter siswa yang berlandaskan dengan Al-Qur’an dan Hadis.  Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menggambarkan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam berbasis alam. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer berasal dari kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Sumber data sekunder didapat dari data-data sekolah seperti buku kurikulum, buku PAI, junal dan lain-lain. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman: kolektif data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis alam dapat meningkatkan karakter religious siswa. Hal ini dapat dicapai karena siswa dapat berinteraksi langsung dengan alam seperti kegiatan outbound, camping, gardening dan ekspedisi  dalam pembelajaran PAI. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran berbasis alam harus dipertahankan sebagai bentuk keunggulan dan menjadikan pembelajaran PAI  berbasis alam yang berkualitas di SD Alam Karawang. 


Keywords


Pembelajaran PAI; Kurikulum Sekolah Alam; Sekolah Alam

References


Majid, Abdul dan Dian Andrayani. Pendidikan Agama Islam berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Abdullah, Munir. Menjadi kepala Sekolah Efektif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Akmal, Hawi. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada, 2014.

Alia, Nur. “Sekolah Alam Lampung: Wadah Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI),” Al-Qalam: Jurnal Penelitian Agama Sosial dan Budaya 20, No. 2 (2014) http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/193

Amani, Jamal. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Pres, 2012.

Amir, Hamzah. Metode Penelitian dan Pengembangan, Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2019.

Amrullah, Ahmad. Dimensi Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional, Jakarta: Gema Insani Pres, 2016.

Andrachuk, Heather and others. Forest and Nature School In Canada: A Head, Heart, Hands Approach to Outdoor Learning. Canada: Forest and Nature School in Canada, 2014. https://childnature.ca/wp-content/uploads/2017/10/FSC-Guide-1.pdf

Anwar, Dessy. Kamus lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amelia,2003

Asep, Kurniawan. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Basri, Hasan. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Christian, Beverly J. “Nature-based learning in Christian schools: Essential element or optional extra?,” Research & Scholarship Journal 11, No. 1 (2021) https://research.avondale.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=1345&context=teach

Damin, Sudarwan. Inovasi pendidikan dalam Upaya peningkatan profesionalisme tenaga kepribadian . Bandung: Pustaka Setia, 2016.

Fauzi. “Pembentukan dan Transformasi Core Values di Sekolah Alam.” Visi: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Tenaga Kpendidikan Non Formal13, no.1 (2018) http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/5941

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung PT Rafika Aditama, 2010.

Hardani dkk. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Ilmu, 2020.

Hati , Silvia Tabah. “Model pendidikan Karakter di sekolah alam”, Ijtimiyah: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya 1, No 2, 2017. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/1399/1135

Karwono, Heni. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pres, 2012.

Komunitas Sekolah Alam. Perjalanan Menggapai Sekolah yang Mendidik Anak Menjadi manusia yang berkarakter. Depok: PT Kawan Pustaka, 2005

Mann, Jeff and others. “A Systematic Review Protocol to Identify the Key Benefits and Efficacy of Nature-Based Learning in Outdoor Educational Settings,” International Journal of Environmenta Research and Public Health 19, No. 1 (2021) https://www.mdpi.com/journal/ijerph (diakses pada taggal 12 Januari 2022).

Muhaimin. Nuansa baru pendidikan Islam.Jakarta: PT Raja Graffindo Persada 2006.

Muhaimin. Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Maryati. “Sekolah Alam, Alternatif Pendidikan Sains yang Membebaskan dan Menyenangkan.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Yogyakarta, 25 Agustus 2007 lihat http://staffnew.uny.ac.id/upload/132258076/penelitian/Sekolah+Alam,2007.pdf (diakses pada tanggal 12 Oktober 2021)

Razak, Nasrudin. Dienul Islam. Bandung: Al-Ma’rif, 1985.

Setiawati, Nanda Ayu and others. “Nature School Learning Model (Case Study At The School Of Universe, Lebak Wangi Village, Parung District, Bogor Regency),” International Journal of Education, Learning and Development 7, No.6, pp.41-51, June (2019). European Centre for Research Training and Development UK https://www.eajournals.org/wp-content/uploads/Nature-School-Learning-Model-Case-Study-at-the-School-of-Universe-Lebak-Wangi-Village-Parung-District-Bogor-Regency.pdf

Sudjana, Nana. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 1989.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2019.

Tim Penyusun Diknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. No 20 Tahun 2003

Wibowo, Widodo Setiyo. “The Natural Environment as a Learning Source For Science: Implementation Strategy,” Journal of Science Education Research 3, No. 1 (2019), https://journal.uny.ac.id/index.php/jser/article/view/27629

Wijoyono. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta : Departeman pendidikan dan kebudayaan, 1989.

Yogi, Irfan. Peran Kepala Sekolah sebagai manajer. Pardjono 3, no 1, 2015

Yusmita Eries Norma dan Basiron. “Pelatihan Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pembelajaran Kreatif di Sekolah Dasar,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 6, No.1 (2018) https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jadimas/article/view/968/469

Zuhairani. Metodelogi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: UIN Press 2004.

Hosna, Rofiatul dan Ghunniyatul Karimah. “Nature School Curriculum Model: Study of Curriculum Development (Case Study at Al Izzah Nature School, Sidoarjo).” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 31, No 1 (2020), lihat https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/980/602

Sunanik. “Pembelajaran Berbasis Alam untuk Anak Usia Dini Di TK Alam Alazhar Kutai Kartanegara.” Al-Madrasah 3, No. 1, (2018). https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-madrasah/article/view/71

Ramadan, Willy. “Sekolah Alam di Kalsel; Latar Belakang, Ekspektasi dan Persepsi.” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 12, No. 1 Desember (2019) lihat http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/index

Sofanudin, Aji. “Best Practice Implementasi Kurikulum Pada Sekolah Alam Insan Mulia (Saim) Surabaya.” Jurnal Smart Studi Masyarakat, Religi dan Tradisi 05, no. 01 Juni (2019) http://blasemarang.kemenag.go.id/journal/index.php/smart

Baen, Faldin, “Efektifitas Media Alam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Alam Ungaran (Saung) Kabupaten Semarang.” Al-Fikri: Jurnal Studi dan Peneltian Pendidikan Islam 2, No.1 (2019), http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/4019

Setiawati, Nanda Ayu an others. “Nature School Learning Model (Case Study At The School Of Universe, Lebak Wangi Village, Parung District, Bogor Regency).” International Journal of Education, Learning and Development 7, No.6, pp.41-51, June (2019). European Centre for Research Training and Development UK https://www.eajournals.org/wp-content/uploads/Nature-School-Learning-Model-Case-Study-at-the-School-of-Universe-Lebak-Wangi-Village-Parung-District-Bogor-Regency.pdf

Buku Kurikulum Pembelajaran PAI SD Alam Kawang 2019/2020.

Wibowo, Widodo Setiyo. “The Natural Environment as a Learning Source For Science: Implementation Strategy.” Journal of Science Education Research 3, No. 1 (2019), https://journal.uny.ac.id/index.php/jser/article/view/27629 (diakses pada tanggal 12 Desember 2021).

Handayani, Sri. “Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan Alam (Studi pada Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri Angkatan Bayu Windu dan Srikandi Silva).” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 5, no. 1 (2010) https://ejournal.upi.edu/index.php/pls/article/view/1204

Yusmita, Eries Norma dan Basiron. “Pelatihan Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pembelajaran Kreatif di Sekolah Dasar,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 6, No.1 (2018) https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jadimas/article/view/968/469 (diakses pada tanggal 12 Januari 2022).


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v11i02.2426 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Reksiana Reksiana, Eka Naelia Rahmah, Nadia Nurul Kamilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats