Pengembangan Guru Kreatif dan Inovatif dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Pada Mata Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Parepare

Andi Abd Muis, Salmiati Salmiati, Andi Fitriani Djollong, Muh Aripail, Arham Arham

Abstract


This research discusses the influence of Creative and Innovative Teachers in Improving the Quality of Learners in Subjects at Muhammadiyah Parepare Junior High School. The purpose of the research is to find out (1) Creative and innovative Teacher Criteria (2) How the Role of Creative and Innovative Teachers in Improving the Quality of Learners (3) How the Influence of Creative and Innovative Teachers on the improvement of Students in Muhammadiyah Parepare Junior High School. . This research uses a holistic approach that is a pedagogical approach. This type of research uses quantitative descriptive analysis methods. The method of data collection is carried out by observation methods, questionnaires, documentation and interviews. The analytical techniques used are descriptive techniques and inferential analysis. (2) With the management of the learning process program, improving the quality of learning carried out by educators can improve the quality of learners in Islamic Religious Education Subjects (3) Creative and Innovative Teachers in their development can provide a significant influence and contribute to improving the quality of learners in Muhammadiyah Parepare Junior High School. Based on the results of the study, the implications of the study were presented to the school to increase the role of educators in applying Creative and Innovative learning which includes the use of various techniques, ways and methods in learning.

 


Keywords


Teachers of Islamic Religious Education, Creative, Innovative, Quality learners

References


Ali, 2009. Mohammad.Pendidikan untuk Pembangunan Nasional, Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi, Cet. I, Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.

Ali, Muhammad, 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Andi, Yudha, 2009. Kenapa Guru Harus Kreatif. Cet III, Bandung: Dar Mizan.

Anshori, 2002. Fuad dan RAchmawati Diana Muchtaram. Mengembangkan kreativitas dalamperspektif psikologi islam. Yogyakarta: Menara kudus.

Arikunto, Suharsini. 2001. Menajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsini, 1998. Prosedur Penelitian. Cet. XI: Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto,Suharsini, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis.Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, 2009. Jamal Ma’mur.Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif, dan Inovatif. Cet II, Jakarta: Diva Press,

Daien, Amir Indrakusuma.Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional, t.th.

Departemen Agama RI, 2004. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsir Al-Qur’an,

Departemen RI, 2006. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan pada Sd. Jakarta : Proyek Pembinaan Pendidikan Pada Sekolah Umum.

Darajat, Zakiyah, 2007. Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia.Jakarta : Bulan Bintang,

E. Mulyasa, 2008. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran kreatif dan Menyenangkan. Cet VII Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gautama, 2009. Kenapa Guru Harus Kreatif Cet III Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Getteng, Abd. Rahman. 2013. Menuju Guru Profesional dan Ber-etika. Cet, VIII Yogyakarta: Grha Guru.

Hadi, Sutrisno, 1990. Metodologi Research I.Yogyakarta: Andi Offset,

Idris, Zahar. Dasar-Dasar Kependidikan. Padang : Angkasa Raya, t.th.

Indrawan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jombang: Lintas Media tth.

Johnson, LouAnne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik, Cara Membangkitkan Minat Siswa Melalui Pemikiran. Cet. III, PT. Mancana Jaya Cemerlang.

Kaelany HD, 2000. Islam dan aspek-aspek Kemasyarakata. Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara.

Komariah. Aan, 2008. Visionary Leadership.Menuju Sekolah Efektif. Cet. III, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ma’mur, 2009. Jamal Asmani.Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. Cet II, Jokjakarta: Diva Preass.

M.Arifin M Ed, 2008. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan KeluargaJakarta : Bulan Bintang,

M. Echols, 1996. John dan Hassan Shadily.Kamus Inggris Indonesi. Cet. XXIII, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,

Margono, 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Mohammad, al Toumi al Syaibani, Omar. 2009. Falsafatut Tarbiyyah al iyyah, diterjemahkan oleh : Hasan Langgulung, dengan judul : “Falsafah Pendidikan ” Jakarta : Bulan Bintang.

Muhadjir, Noeng. 1999. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi I; Cet. III; Yogyakarta: Rake Sarasin,

Munandar SC, Utami, 1999. MengembangkanBakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Cet III, Jakarta: PT. Gramedia Widya Indonesia,

Muhammad bin Yazid, Abu Abdullah, Sunan Ibnu Majah, 1995. Juz I Beirut: Dar al-Fikri,

Nana Syaodih sukmadinata, 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi,H. Hadari. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial. cet.VII; Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Omar, Mohammad al Toumi al Syaibani, 2009. Falsafatut Tarbiyyah al iyyah, diterjemahkan oleh : Hasan Langgulung, dengan judul : “Falsafah Pendidikan ” Jakarta : Bulan Bintang.

Panitia Sertifikasi Guru Agama Dalam Jabatan Rayon 212 LPTK Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makassar.Pengembangan Profesionalitas Guru, th, 2013.

Saifuddin Azwar, 1998. Metode Penelitian. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugino, 1993. Mertode Penelitian Administrasi. Cet. II, Bandung: Alfabeta,

Sallis, dward. 2011. Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Peran Strategis Pendidikan di Era Globalisasi Modern. Cet. II, Jokjakarta: IRCiSoD,

Sekretaris Negara RI, UUD 1945, Pancasila, GBHN. T.tp : t.p, t.th.

Setiawan, Conny dkk. 1990. Memupuk Bakat dan Kreatifitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT.Gramedia.

Sudirman, N, 2007. Ilmu Pendidikan,(Bandung: Remaja karya.

Sugiono, 2001. Metode Penelitian Administrasi. Bandung Alpabeta

Sugino, 1993. Mertode Penelitian Administrasi.Cet. II, Bandung: Alfabeta.

Sujana, Nana. 2008. Tuntunan Penyususnan Karya Ilmiyah. Bandung:Sinar Baru.

Sukardjo, 2009. Landasan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo

Suryosubroto, 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Cet II, Jakarta: PT. Asdi Mahasatya,

Sutrisno Hadi, 1989. Statisti. Jilid II; Yogyakarta: Andi Offset.

Syaefuddin Sa’ud, Udin. 2009. Inovasi Pendidikan. Cet. II, Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2006. Bandung: Fokus Media.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Bandung: Fokus Media.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan nasionalSISDIKNAS . bandung : Citra Umbara, 2003.

Uno, Hamzah. B. 2003.Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran, Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Ed. I, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara,

Usman, Hussaini (et al). 2001. Metodologi Penelitian Sosia., Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.

Usaman, Muhammad Quthub, 2009. Menjadi Guru Yang Dirindu. Cet I, Surakarta: Ziyad Visa Media

Yudha, Andi, 2009. Kenapa Guru Harus Kreatif. Cet III, Bandung: Dar Mizan,


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v11i02.2418 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 andimuis muis muis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats