Permasalahan dan Tantangan Pendidikan Islam Modern di Tengah Era Digitalisasi

Authors

  • Jihan J UIN Datokarama Palu, Indonesia
  • Bambang Ismaya Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia
  • Muqarramah Sulaiman Kurdi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia
  • Ninik Sudarwati STKIP PGRI JOMBANG, Indonesia
  • Musyarrafah Sulaiman Kurdi Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4472

Keywords:

Pendidikan Islam, Pendidikan Islam Modern, Era Globalisasi.

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Namun, pada saat ini digitalisasi merebak dan berkembang secara luas memberikan dampak positif yang seharusnya dimanfaatkan dengan baik. Digital yang memang seharusnya sebagai fasilitas atau infrastruktur baru bagi siswa dan guru dalam keberlangsungan pembelajaran di tengah digitalisasi ini. Penyesuaian tidak mudah begitu saja, terdapat permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran ditengah digital ini sehingga penelitian ini perlu dilakukan dalam mengeksplor dan menyelidiki permasalahan serta tantangan yang dihadapi oleh Pendidikan agama islam di tengah digitalisasi dalam mengikuti kemajuan terbaru dalam pendidikan digital. Sehingga, penelitian ini membahas tentang permasalahan dan tantangan yang dihadapi pendidikan agama Islam di era digitalisasi ini, khususnya terkait dengan perkembangan terkini pendidikan digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian literatur sebagai desain penelitian kali ini. Hasil penelitian ini, menjelaskan masalah terbesar Pendidikan islam modern adalah kurangnya loterasi teknologi pada guru ataukan murid di tengah pembelajarqan digital. Sedangkan tantangan yang muncul pada bidang teknologi, bidang ilmu, penilaian Pendidikan, bidang penyampaian materi, dan bidang geografis. Padahal, kontribusi pendidikan islam itu sendiri menjadi tujuan Pendidikan yang menciptakan terutama pada karakter manusia yang baik.

References

Abdullah, A. H. bin. (2020). Pendidikan Islam Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Tamaddun, 21(1), 80–89. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1.1384

Ali, A., Permana, H., & Erihadiana, M. (2021). Manajemen Guru PAI dalam Menghadapi Tantangan Revolusi di Era 4.0. Muntazam, 2(1), 27–40.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.

Anza, F., Lutfi, A., & Saragih, A. (2019). Introduction e-learning in educational sector case study Senior High School in DKI Jakarta. ASEAN Journal of Community Engagement, 3(1), 139–162. https://doi.org/10.7454/ajce.v3i1.149

Budiana, I. (2022). Menjadi Guru Profesional Di Era Digital. JIEBAR : Journal of Islamic Education: Basic and Applied Research, 2(2), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2

Choli, I. (2020). Pendidikan Agama Islam Dan Industri 4.0. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 20–40. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i2.891

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65

Domino, P. (2018). Investasi Dalam Bidang Pendidikan Anak Untuk Meningkatkan Kualitas Kehidupan Keluarga. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 77–85. http://www.id.undp.

El-Mubarak, A. M. O. I., & Hassan, I. (2021). Challenges of Islamic Education in the Era of Globalization: A Proposed Holistic Solution. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 10(3). https://doi.org/10.6007/ijarped/v10-i3/10748

Fitriani, F., Heryana, E., Raihan, R., Lutfiah, W., & Darmalaksana, W. (2021). Proses Penciptaan Manusia Perspektif Al-Qur’an dan Kontekstualitasnya dengan Ilmu Pengetahuan Sains: Kajian Kesehatan Reproduksi. Jurnal Riset Agama, 1(3), 30–44. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15120

Halim, A. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi Abad-21. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 1–5.

Hamzah, A. R., & Cahyono, H. (2020). AGAMA DAN TANTANGAN BUDAYA MODERN PERSPEKTIF ISLAM. Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 21(1), 1–9.

Hidayat, A., Fatimah, S., Nurul Rosidin, D., Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon, S., Kunci, K., Pendidikan Islam, L., & Digital, E. (2022). Challenges and Prospects of Islamic Education Institutions and Sustainability in The Digital Era. Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 1–10. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2106

Hidayat, N. (2015). Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. El-Tarbawi, 8(2), 131–145. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2

Ilham, D. (2020). THE CHALLENGE OF ISLAMIC EDUCATION AND HOW TO CHANGE. International Journal of Asian Education, 1(1), 15–21.

Ismail, S., Suhana, S., & Hadiana, E. (2021). Kompetensi Guru Zaman Now Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(02), 113. https://doi.org/10.24127/att.v4i02.1229

Larasasati, C., & Natasya, E. D. (2017). Peran Indonesia di G-20: Peluang dan Tantangan. Jurnal Hubungan Internasional, 2(2), 147–160.

Lukum, A. (2019). Pendidikan 4.0 Di Era Ggenerasi Z: Tantangan Dan Solusinya. Pros.Semnas KPK, 2(1), 1–13.

Maragustam, M. (2021). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER SPIRITUALITAS KEAGAMAAN DAN CINTA TANAH AIR (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). DAYAH: Journal of Islamic Education, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.22373/jie.v4i1.7122

Mohd, A. T., Yunus, A. M., & Hassan, I. (2020). Ideology, Communication, and Response to Terrorism: A Sharia-based Perspective. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(3), 1–10. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v10-i3/7029

Napitupulu, D. S. (2020). PROBLEMS OF ISLAMIC EDUCATION AND SOLUTIONS. International Conference of Contemporary Islamic Studies (INCONCIS)), 1–14. https://www.researchgate.net/publication/349838065

NURAENI. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan. Idaarah, III(36), 124–137.

Pewangi, M. (2016). TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Tarbawi, 13(1), 104–116.

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 565–581. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345

Sakarina, S., Pratiwi, R., Surahman, S., Cakranegara, P. A., & Arifin, A. (2022). Strategic Management of Islamic Education: Revealing The Challenges of Professionalism. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 778–788. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3626

Santika, N. W. R. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Karakter. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Karakter, 04(01), 9.

Sholeh, S. (2016). Konsep Pendidikan Islam yang Ideal: Upaya Pembentukan Keperibadian Muslim. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 52–70. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1511

Skare, M., & Riberio Soriano, D. (2021). How globalization is changing digital technology adoption: An international perspective. Journal of Innovation and Knowledge, 6(4), 222–233. https://doi.org/10.1016/j.jik.2021.04.001

Suharto. (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Śaliĥa, 2(2), 107–114.

Sulistyowati, E., Rohman, F., & Ibrohim, I. (2020). Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Handout Berbasis Potensi Lokal Hutan Mangrove untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 374. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13272

Susilowati, R., Hafiduddin, D., Mujahidin, E., Ibn, U., & Bogor, K. (2022). PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN LINGKUNGAN RELIGIUS PERSPEKTIF ORANGTUA. 19–30.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234.

Syafi’i, I., & Yusuf, S. (2021). the Role and Challenges of Islamic Education in Indonesia in the Disruptive Era: the Analysis of the System of Islamic Education Character in Indonesia. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 26(01), 108–120. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/akademika.v26i1.3285

Tolchah, M., & Mu’ammar, M. A. (2019). Islamic education in the globalization era; challenges, opportunities, and contribution of islamic education in indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(4), 1031–1037. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.74141

Uyuni, B., & Adnan, M. (2020). The Challenge of Islamic Education in 21st Century. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(11), 1101–1120. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i12.18291

Wahib, A., & Ma’arif Magetan, S. (2021). REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. Jurnal Paradigma, 11(1), 81–94.

Published

21-08-2023

Citation Check