Kajian Referensi Ayat Al-Qur’an Tentang Metode Pendidikan

Aas Siti Sholichah, Desy Ayuningrum, Muhamad Hariyadi

Abstract


Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk menganalisa surat an-Nahl//16: 125 yang menjelaskan mengenai metode-metode pendidikan dan pengajaran. Adapun metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Yaitu sebuah metode penelitian dengan hasil penelitian berdasarkan literature dan dokumen yang berkaitan. Adapun untuk menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an menggunakan metode Maudu’i, yaitu metode penafsiran ayat berdasarkan tema-tema tertentu. Metode pendidikan berbasis Al-Qur’an adalah sebuah metode yang bersumber dari Al-Qur’an. Isyarat mengenai metode pendidikan tersebut salah satunya adalah terdapat dalam Al- Qur’an surat an-Nahl//16: 125. Kandungan ayat ini mengisyaratkan bahwa dalam metode pendidikan menggunakan metode hikmah, mauidzah hasanah dan mujadalah. Metode hikmah bertujuan mendapatkan kemaslahatan dan kebaikan. Sedangkan metode mauidzah hasanah sebuah metode yang menekankan pada anjuran (targhib) dan ancaman (tarhib). Metode mujadalah adalah metode yang dilakukan untuk berdebat dengan cara yang baik. Untuk menghasilkan metode yang efektif diperlukan prinsip dalam melaksanakan metode. Prinsip tersebut adalah integral, seimbang, transparan, menghargai perbedaan setiap individu dan pendidikan berlangsung sepanjang hayat.


Keywords


Metode Penelitian Al-Qur’an; Hikmah; Mauidzah Hasanah; Mujadalah

References


Abd Baqi, Muhammad Fu’ad. (1987). Mu’jam Al-Mufahras Lii Al- Fadz Al-Qur’an. Beirut: Dar Fikr.

Ahmadi, Abu. Nur Uhbiyati. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Alim, Akhmad. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Hasbullah. (2001). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Kadir, Abdul dkk. (2012). Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kharisma,

Langgunung, Hasan. (2004). Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologis, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al-Husna Baru.

Nasution, Zulkifli. (2019). Metode Pembelajaran Pendidik Profesional dalam Al-Qur’an. Benchmarking: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1).

Nata, Abuddin, 2005, Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: UIN Jakarta Press,

Qowim, Agus Nur. (2020). Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3 No. 01

Ramayulis. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia,

Rokib, Moh. (2009). Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.

Sastradiharja, Edi Junaedi. (t.t.). Makalah Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.

Sholichah, Aas Siti. (2020). Pendidikan Karakter Anak Pra Akil Balig. Pekalongan: Nem

Syafri, Ulil Amri. (2011). Metodologi Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an. Bogor: Disertasi UIKA.

Shihab, Quraish M. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Zaini Miftah, Al Ulya. (2019). Warisan Metode Pendidikan Islam untuk Milenial. Jurnal Pendidikan Islam, 4(I).

Umiarso. Zamroni. (2011). Pendidikan Pembebasan Dalam Perspektif Barat dan Timur. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Usman, Basyiruddin. (2002). Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press

Pascasarjana PTIQ. (2014). Panduan Penyusunan Tesis dan Disertasi. Jakarta: Pascasarjana PTIQ.

Pito Abdul Haris. (2019). Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an. Jurnal Andragogi Diklat Teknis, VII(I).

Al-Qurthubi, Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad Al-Anshari. (1999). Al-Jami’il Ahkam Al-Qur’an. Beirut: Daar-al-Fikr.

https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/VNnQLqaK-kpai-kasus-kekerasan-di-sekolah-mayoritas-dilakukan-guru

https://www.aa.com.tr/id/nasional/kpai-catat-153-kasus-kekerasan-fisik-dan-psikis-di-sekolah-pada-2019/1688253

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/23/204500965/catatan-hari-anak-nasional-ada-5.463-anak-alami-kekerasan-pada-2021?page=all


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v10i001.1808 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Aas Siti Sholichah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats